Home / Eksekutif / Rilis

Minggu, 13 Agustus 2023 - 06:48 WIB

Gubernur Sumbar Sebut Menyiapkan Generasi Berkualitas Perintah Agama dan UU ke Seluruh Pemimpin

Wawan - Penulis

Batusangkar, Politicnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menegaskan menciptakan generasi muda yang berilmu dan berakhlak adalah perintah agama dan amanat dari UU nomor 17 tahun 2022. Menurutnya itu adalah tugas setiap seorang pemimpin, mulai dari yang berskala kecil sampai yang besar.

“Dalam agama sudah jelas, kita dilarang meninggalkan generasi yang lemah. UU No 17 tahun 2022 juga jelas menyebutkan Sumbar adalah provinsi berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang menghendaki generasi yang paham adat dan berakhlak,” katanya di Tanah Datar, Sabtu (12/8/2023).

Gubernur mengatakan itu saat memberikan tausiyah dalam Tabligh Akbar dan peletakan batu pertama Masjid Babussalam Tabek Boto, Jorong Baringin Nagari Baringin Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Bencana, Pemprov Sumbar Operasionalkan Tiga Dapur Umum

Ia mengatakan semua pemimpin memiliki kewajiban untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, mulai dari pemimpin skala kecil seperti kepala keluarga sampai yang berskala besar seperti kepala negara.

Mahyeldi menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menurutnya melalui berbagai program baik di bidang pendidikan maupun sosial terus mengupayakan agar generasi muda mendapatkan ruang yang seluas-luasnya untuk bisa menuntut ilmu, mengembangkan potensi diri dan sekaligus membangun pondasi moral yang kuat.

“Kegiatan peletakan batu pertama dan tabligh akbar ini adalah salah satu upaya untuk memperkuat moral generasi melalui pendidikan agama,” katanya.

Mahyeldi juga mengapresiasi, beberapa program unggulan kabupaten dan kota di Sumbar. Terutama yang berkaitan dengan pendidikan moral, salah satunya contohnya seperti yang dilakukan Kabupaten Tanah Datar melalui program satu rumah satu hafidz sebagai upaya menyiapkan generasi tangguh pada 2045.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Buka Danau Toba Rally - Grand Final Asia Pacific Rally Championship 2023 di Danau Toba

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan pihaknya menargetkan pada 2045 minimal 50 persen masyarakat daerahnya hafal Al quran minimal satu juz.

“Kita telah siapkan sejak lama dan sampai saat ini pun masih berproses. Kebetulan Jorong Baringin Nagari Baringin Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar adalah salah satu yang terbaik dalam mengimplementasikan program itu,” katanya.

Berdasarkan pantauan lapangan, selain peletakan batu pertama, Gubernur Mahyeldi juga menyumbangkan dana pribadi sebanyak Rp10 juta untuk pembangunan masjid. Hal itu diikuti Bupati Tanah Datar yang menyumbang Rp5 juta. Kemudian diiringi sejumlah tamu yang hadir, mereka juga menyumbang untuk pembangunan masjid. (adpsb/H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Launching Buku Bamsoet ’60 Tahun Meniti Buih di Antara Karang’, Testimoni Presiden Jokowi Apresiasi Peran Bamsoet Warnai Perpolitikan Nasional

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi GERAK BS Bali Gelar Beragam Kegiatan Sosial Kemanusiaan

Rilis

Operasi Pekat Polres Kudus,Guna Menjaga Kondusifitas Wilayah Kudus

Eksekutif

Pengukuhan Desa/Kelurahan dan Nagari Sadar Hukum Tahun 2023 di Wilayah Sumbar

Rilis

Pensiunan Guru Hadiri Acara Launching Rumah Anies Baswedan di Pilpres 2024

Rilis

Refleksi Akhir Tahun 2022 dengan Seruan Perdamaian di Maluku

Komunitas

Diduga Kuat Ada Aktor Papan Atas di Kasus DP 0 Persen

Rilis

Petinggi Partai Perkasa Berpulang Ke Rahmattullah