Home / Eksekutif / Rilis

Minggu, 13 Agustus 2023 - 19:41 WIB

Gubernur Sumbar Puji  Kepedulian Sosial HBT

Wawan - Penulis

Padang, Politicnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memuji kepedulian sosial dari organisasi kemasyarakatan Himpunan Bersatu Teguh (HBT). Menurut Gubernur, yang menonjol dari HBT tidak hanya kepeduliannya tapi juga konsistensinya.

“Kepedulian sosial HBT termasuk yang tertinggi diantara organisasi kemasyarakatan lainnya di Sumbar. Banyak manfaat yang telah diberikannya untuk masyarakat. Hebatnya lagi mereka selalu konsisten,” kata Gubernur Mahyeldi di Padang, Minggu (13/08/2023).

Ia mengatakan itu, saat menghadiri kegiatan bakti sosial pelayanan operasi katarak gratis bagi 100 orang warga Sumbar di Padang. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama HBT dengan UPTD Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumbar serta sejumlah pihak lainnya.

Menurut Gubernur, bakti sosial itu telah memberikan harapan baru bagi para penderita katarak di Sumbar untuk kembali bisa melihat dunia dengan jelas sesuai dengan tema yang diangkat yakni “Awak Mancaliak Tarang”. Dimana, jika tidak ditangani dengan baik, katarak bisa menyebabkan kebutaan.

Baca Juga :  Tinjau Jalan Nasional Amblas di Desa Silungkang Oso, Gubernur Mahyeldi Pastikan Perbaikan Segera Dilakukan

“Masalah kebutaan bukan hanya masalah kesehatan semata, tetapi telah menjadi masalah sosial, karena berdampak pada resiko kecacatan permanen yang berpotensi menjadi beban ekonomi pada keluarga penderita,” ujar Mahyeldi.

Gubernur mengatakan, secara nasional angka kebutaan telah mencapai 3 persen dari total populasi . Dari angka itu, diketahui sekitar 80 persennya disebabkan oleh katarak. Karena itu, gubernur mengapresiasi setiap langkah dari berbagai pihak untuk mengantisipasi persoalan tersebut.

Sementara itu Toako HBT, Andreas Sjofiandi mengatakan pada kesempatan itu pihaknya membantu operasi katarak bagi 100 orang warga Sumbar. Kemudian ia juga menegaskan, bakti sosial serupa tidak hanya diselenggarakan pihaknya di Sumbar tapi juga pernah pada sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga :  Kedatangan Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Padang Disambut Gubernur Sumbar

“Operasi katarak ini sudah menjadi kegiatan tahunan HBT tidak hanya di Sumbar, tetapi di Indonesia. Kami pernah melaksanakan bhakti sosial serupa di Puncak Jaya dan Pulau Buru. Hingga 2023, HBT telah memberikan operasi katarak gratis bagi 3500 orang di Indonesia,” ujarnya.

Selain operasi katarak, HBT juga menyerahkan bantuan satu unit ambulance bagi PMI Padang dan bantuan satu unit mikroskop mata bagi Fakultas Kedokteran Unand.

“Kami berharap bakti sosial ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat,” ujarnya. (adpsb/H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Wagub Audy Tutup Gelaran MTQ Provinsi ke-40 di Solsel, Fokus Beralih ke MTQ Nasional di Kaltim Tahun Depan

Rilis

Presiden Erdogan Akan Berkunjung ke Indonesia

Eksekutif

Gubernur Sumbar Terima Penghargaan K3 Tahun 2023

Rilis

Jadi Mata dan Telinga Presiden Jokowi, Inilah Susunan Seknas Jokowi Periode 2021-2026

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet bersama Sejumlah Menteri Kabinet dan Wartawan Senior Nikmati Jalan Pagi di Kawasan Sarinah

Rilis

Pasangan RO’IS Laksanakan Kegiatan Sosial, Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal

Eksekutif

Bentuk Kepedulian, IKM Jabar Donasikan Rp45 Juta untuk Kebencanaan dan Diterima Gubernur Mahyeldi 

Rilis

Komandan Kodim 0718/Pati Serbu Mapolresta, Ada Apa ???