Home / Eksekutif / Opini / Rilis

Jumat, 29 September 2023 - 20:30 WIB

Gubernur Sumbar Promosikan Potensi Madu Galo-Galo Kepada Peserta Konferensi Internasional ICCESI 2023

Wawan - Penulis

PADANG– Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengaku pihaknya telah menyebar 4000-5000 stup lebah madu “galo-galo” atau trigona kepada masyarakat Sumbar sejak 2021 lalu. Tujuannya untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan di Sumbar.

“Ini menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan,” ujar Mahyeldi.

Hal demikian disampaikan Gubernur Mahyeldi, saat menjadi Kynote Speaker dalam acara Internasional Conference of the Indonesian Entomological Society (ICCESI) 2023 Konferensi Internasional ke-2 dan Kongres Masyarakat Entomologi Indonesia ke-11 Tahun 2023 di Hotel Santika, Padang. Jumat (29/9/2023).

Gubernur mengatakan, pembagian stup lebah madu galo-galo itu merupakan upaya untuk memanfaatkan potensi hutan tanpa merusak kawasan hutan itu sendiri.

Baca Juga :  Terima Pengurus Bamus Betawi, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Penguatan Pelestarian Seni dan Budaya Betawi

Ia juga mengatakan, apa yang telah dilakukan oleh Pemprov Sumbar itu sangat sejalan dengan tema Konferensi Internasional tersebut yaitu “Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Pemanfaatan Serangga Bermanfaat untuk Mendukung Ekosistem Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan” ICCESI 2023.

Dihadapan seluruh peserta yang berasal dari berbagai negara seperti, Indonesia, Malaysia, Filipina, Jepang Australia, India, Arab, Pakistan dan Amerika Serikat itu, Mahyeldi menyatakan upaya pihaknya menyebar stup galo-galo tersebut cukup memberikan dampak yang positif kepada masyarakat yang berada di sekitar hutan.

Baca Juga :  PKS Sumbar Luar Biasa, Apresiasi Guru Mengaji Yang Mengajar Lebih 30 Tahun

“Masyarakat yang sudah memelihara stup tersebut lebih dari setahun, sudah mendapatkan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan,” ujar Mahyeldi.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar sedang merintis hilirisasi dari madu galo-galo, yakni produk Minang Propolis.

Selanjutnya ia berharap, kongres ICCESI 2023 ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia khususnya pada bidang kesehatan, serta bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang ada saat ini.

“Mudah-mudahan hasil kongres ini juga bisa menjadi masukan bagi Pemprov Sumbar untuk pembangunan daerah ke depan,” pungkas Mahyeldi. (adpsb/ H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 43 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Lomba Pacuan Kuda Memperebutkan Piala Gubernur Sumbar, Akan Diselenggarakan Oktober Mendatang

Komunitas

Diduga Kuat Ada Aktor Papan Atas di Kasus DP 0 Persen

Rilis

Perindo Sumsel Targetkan 10 Kursi di DPRD, Febuar Rahman: Kader Terbaik Minimal Setiap Dapil, 1 KursiĀ 

Eksekutif

Meraih 9 Penghargaan Dari 10 Katagori , Komitmen Sumatra Barat Sebagai Pusat Industri Halal Tingkat Nasional 2024

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Minta Penyuluh Terus Memotivasi Petani agar Produksi Pertanian Sumbar Makin Meningkat

Rilis

Tausiah di Pelantikan PWNU Jabar, Kiai Maman: Tradisi Aswaja Kekuatan NU di Pentas Dunia

Legislator

Caleg Muda Potensial Kota Pariaman Non Budgeter kembali Hadir..!!!

Eksekutif

Kerjasama Tengah Berproses, Dispora Sumbar Bantah Anggapan Pihaknya Menghalangi