Home / Eksekutif

Minggu, 12 Mei 2024 - 16:53 WIB

Gubernur Sumbar Perintahkan RSAM Bukittinggi terima semua korban bencana

Wawan - Penulis

PADANG PANJANG – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah memerintahkan jajarannya di Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi untuk menerima semua rujukan korban bencana tanpa terkecuali.

“Semua korban harus diterima dan diberikan perawatan maksimal. Soal biaya, nanti pemerintah daerah akan mencarikan solusi,” kata Mahyeldi di sela peninjauannya ke lokasi bencana di Padang Panjang, Minggu (12/5/2024).

Ia menyebut berdasarkan data sementara, banjir yang melanda tiga daerah di Sumbar masing-masing Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Kota Padang Panjang mengakibatkan banyak korban jiwa dan luka-luka.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Antar Bantuan Kebencanaan untuk Warga Mapat Tunggul Selatan dan Diskusikan Upaya Pembangunan Daerah

RSAM Bukittinggi merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang relatif dekat dari lokasi bencana di tiga daerah tersebut.

Apalagi jalan penghubung dari tiga daerah menuju Padang terputus total. Jalan Agam-Padang via Malalak terputus akibat longsor. Sementara jalan Padang Panjang-Padang terputus total di Silaiang karena jalan tergerus banjir.

Mahyeldi menyebut juga telah memerintahkan BPBD Sumbar untuk terus berkordinasi dengan BPBD daerah terdampak. Agar segala perkembangan dapat termonitor.

Menanggapi arahan tersebut, Direktur RSAM Bukittinggi, Busril membenarkan bahwa pihaknya telah diperintahkan Gubernur untuk optimal dalam penanganan korban bencana. Ia mengaku, secara umum RSAM sudah siap.

Baca Juga :  Sumbar Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Menko PMK dan Kepala BNPB Hadir Langsung

“Betul tadi pagi saya sudah dikontak langsung Bapak Gubernur. InsyaAllah kita siap untuk menjalankan arahan tersebut,” ucap Busril.

Dikatakannya, hingga siang ini RSAM sudah menangani 31 korban bencana. 15 orang di antaranya berstatus meninggal dunia dan 16 lainnya luka-luka.

“Dari 15 korban jiwa, 12 sudah teridentifikasi, 3 belum. Sementara untuk korban luka 14 sudah diizinkan pulang ke rumah dan 2 sisanya masih mendapat perawatan,” jelas Busril. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Peningkatan Kreativitas Subsektor Video, Gubernur Mahyeldi Imbau Pemuda Sumbar Kuasai Skill Praktis Digital

Eksekutif

Serahkan Bantuan Induk Bibit Unggul Ikan di Pasbar, Gubernur Mahyeldi Ingin Produksi Ikan Meningkat agar Masyarakat Sejahtera dan Bebas Stunting

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Terpilih secara Aklamasi sebagai Ketua DHD-BPK 45 Sumbar 2023-2028

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet bersama Presiden the Global Council for Tolerance and Peace Tandatangani Nota Kesepahaman Penyebarluasan Budaya Toleransi dan Perdamaian

Eksekutif

PKS Sumbar: Sumatera Barat Selalu Dikenal sebagai Pengusung Perubahan

Eksekutif

Jubir Timnas AMIN Konsolidasikan Relawan di Belanda

Eksekutif

Bupati dan Ketua DPRD Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2022

Eksekutif

Terganggunya layanan Suplay Air Perumda Air Minum Kota Padang Mohon Maaf Kepada pelanggan