Home / Eksekutif / Rilis / Tokoh

Rabu, 20 September 2023 - 20:27 WIB

Gubernur Mahyeldi Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jalan Penghubung Akabiluru – Tilatang Kamang

Wawan - Penulis

LIMA PULUH KOTA, Politicnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau lokasi rencana pembangunan jalan penghubung wilayah Akabiluru di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Tilatang Kamang di Kabupaten Agam, Rabu (20/092023). Pembukaan akses jalan ini diyakini berdampak positif bagi sektor ekonomi dan pendidikan masyarakat di kedua wilayah.

“Panjang jalan ini nantinya sekitar 7 kilometer. Tentu ini akan berdampak positif di banyak lini, terutama sekali bagi ekonomi masyarakat. Seperti di Akabiluru ini, aktivitas ekonominya sangat bagus, ada perternakan, perkebunan, bahkan budidaya madu galo-galo juga berkembang di sini,” kata Gubernur saat peninjauan di Nagari Sungai Balantiak, Akabiluru.

Selain itu, kata Gubernur, pembukaan jalan ini juga akan menghubungkan dua Sekolah Menegah Kejuruan yang berada di masing-masing wilayah, yaitu SMK IT di Kamang dan SMK Kesehatan Negeri Akabiluru. Sehingga, terbuka peluang bagi anak-anak Kamang dan sekitarnya untuk bersekolah di SMK Kesehatan Negeri Akabiluru, begitu pun sebaliknya bagi anak-anak Akabiluru untuk bersekolah di SMK IT Kamang.

Baca Juga :  Terima Penghargaan dari Kemenkum HAM, Gubernur Sumbar Komitmen dalam Pelayanan dan Tata Kelola Administrasi

“Karena banyak manfaatnya bagi masyarakat, tentu kita akan upayakan sesegera mungkin merealisasikan jalan penghubung Akabiluru-Kamang ini. Kita sudah bawa dinas terkait untuk memulai kajian atas rencana ini. Di samping itu, tentu kita berharap agar masyarakat mendukung penuh rencana pembangunan jalan ini. Terutama sekali terkait lahan yang akan dilalui nantinya oleh jalan ini,” ucap Gubernur lagi.

Selain rencana pembangunan jalan, Gubernur Mahyeldi juga meninjau lokasi rencana pembangunan jembatan di Sungai Batang Lamposi, yang menghubungkan Nagari Sungai Balantiak dengan Nagari Sariak Laweh yang merupakan lokasi berdirinya SMK Kesehatan Negeri Akabiluru. Jembatan ini penting dibangun untuk memangkas rute tempuh antar kedua nagari, serta lebih memudahkan siswa untuk menuju ke SMK Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Nagari Sungai Balantiak, Dedi Henidal, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Sumbar, yang telah meninjau lokasi rencana pembangunan jalan serta jembatan di nagari tersebut. Ia meyakini, taraf kehidupan warga Akabiluru, khususnya warga Sungai Balantiak, akan meningkat dengan hadirnya dua sarana publik tersebut.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Manfaatkan Even Nasional sebagai Ajang Promosi UMKM Lokal

“Harapan kami warga Sungai Balantiak, tertumpang kepada Bapak Gubernur, agar jalan dan jembatan ini segera terealisasi. Kami warga Sungai Balantiak siap untuk menerima arahan agar pembangunannya nanti berjalan lancar, sehingga manfaatnya lekas juga dirasakan oleh masyarakat. Sebab, kalau pembangunan ini tidak ada, maka kehidupan warga di sini rasanya akan begitu-begitu saja,” ucap Dedi.

Selain itu, Dedi juga menyampaikan, besar harapan warga agar normalisasi Batang Lamposi di kawasan tersebut juga dilakukan. Sebab berkaca pada pengalaman sebelumnya, naiknya air Batang Lamposi telah menyebabkan kerugian pada area pertanian, perkebunan, dan perternakan warga. Bahkan sampai memutus jembatan lama yang dulu menghubungkan Sungai Balantiak dengan Sariak Laweh.

Turut serta dalam peninjauan tersebut, Kabiro Adpim Setdaprov Sumbar Mursalim, Kabid Bina Marga Dinas BMCKTR Sumbar Adratus Setiawan, perwakilan Dinas Kehutanan Sumbar, Camat Akabiluru, pewakilan OPD terkait Kabupaten Lima Puluh Kota, dan para Tokoh Masyarakat Nagari Sungai Balantiak. (adpsb / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 151 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Operasi Pekat Polres Kudus,Guna Menjaga Kondusifitas Wilayah Kudus

Eksekutif

HUT ke 74 Satpol PP dan HUT Linmas ke 62, Gubernur Mahyeldi Terima Penghargaan Katua Bhakti Peduli Satpol PP

Rilis

Polres Kudus Amankan Kegiatan Sita Eksekusi Obyek Perkara Perdata

Rilis

Presiden Jokowi Menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021

Eksekutif

Gubernur Terbitkan Surat Pengumuman, Mulai 1 Juli Tidak Semua Kendaraan Barang Diizinkan Melewati Jalur Malalak

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Imbau Stakeholder Terus Berkolaborasi dalam Menjaga Lingkungan

Rilis

Front Kebangsaan Meyakini 90% Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Eksekutif

Tim Sepakbola Sumbar Melaju ke Final Porwil XI dan Segel Tiket Lolos Otomatis ke PON XXI, Bonus dari Gubernur dan Wagub Langsung Mengalir