Home / Eksekutif

Jumat, 5 Juli 2024 - 05:13 WIB

Gubernur Mahyeldi Tinjau Kesiapan Peresmian Nama Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau persiapan acara peresmian penambahan nama Masjid Raya Sumatera Barat menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, Kamis (04/07/2024). Peresmian itu sendiri akan berlangsung pada 7 Juli 2024 mendatang, yang bertepatan dengan 1 Muharram 1446 H.

“InsyaAllah tanggal 7 Juli 2024 mendatang, bertepatan dengan 1 Muharam 1446 H, kita akan meresmikan penambahan nama Masjid Raya Sumatera Barat menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat,” kata Gubernur, didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Endrizal, Kepala Biro Kesra, Al Amin; dan Kepala Biro Umum, Edi Dharma.

Lebih lanjut Gubernur menjelaskan, bahwa penambahan nama Masjid Raya Sumatera Barat sudah mendapat restu dan sambutan positif dari keluarga besar keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. Peresmian sendiri nantinya juga akan dihadiri oleh tak kurang dari 60 orang keturunan ulama besar asal Sumbar yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram tersebut.

Baca Juga :  Hadiri RAT 2023 PKPRI Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Peran Penting Pengawas untuk Kemajuan Koperasi

“Kehadiran keturunan Syekh Ahmad Khatib di Sumbar nantinya juga untuk menghadiri seminar di berbagai perguruan tinggi di Sumbar. Rombongan keturunan beliau yang datang ini dari berbagai berlatar belakang, mulai dari dokter spesialis, ulama, pengusaha, dan pejabat pemerintahan. Semoga dengan adanya seminar ini, perguruan tinggi di Sumbar juga bisa bekerja sama dengan Arab Saudi,” ujar Gubernur lagi.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Lepas 761 Peserta KKN Universitas Baiturrahmah ke Pessel dan Tanah Datar

Gubernur juga menceritakan, saat kehadirannya di Dubes Arab Saudi beberapa bulan yang lalu. Ia melihat peluang beasiswa di Arab Saudi itu sangat banyak mulai dari jenjang S1, S2, dan S3 untuk berbagai bidang keilmuan, baik syariah maupun sains secara umum.

“Untuk itu, kita harapkan momentum kepulangan keluarga besar keturunan Syekh Ahmad Khatib ini bisa menjadi momen untuk menjalin sinergi dan pengembangan potensi ranah dan rantau, untuk kemajuan dan kebangkitan Sumbar ke depan, baik untuk bidang pendidikan, pariwisata, investasi dan lain sebagainya,” ucap Gubernur berharap. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Lima tahun penantian masyarakat Nagari Simalanggang,jembatan permanen penghubung ke kota payakumbuh jadi kenyataan

Eksekutif

Lepas Mahasiswa UNP KKN, Gubernur Mahyeldi Sebut Perlu Rasakan Denyut Kehidupan Masyarakat sebagai Bekal Jadi Pemimpin Masa Depan

Eksekutif

Gubernur Sumbar Serahkan Kayu Tak Bertuan Temuan Dishut untuk Pembangunan Masjid di Pesisir Selatan

Eksekutif

Pemprov Sumbar Terus Kebut Penyaluran Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sejumlah Kabupaten/Kota

Eksekutif

Wagub Audy Tegaskan Upaya Percepatan Penurunan Stunting Sumbar Butuh Perhatian Sangat Serius

Eksekutif

Tindak Lanjuti Arahan Gubernur Mahyeldi, Dinsos Sumbar Proses Pemulangan Enam Orang Terlantar ke Jabar dan Jateng

Eksekutif

Ganjar Mahfud Ngopi Bareng, Netizen: Cocok Berpasangan di Pilpres

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet Pastikan MPR Siap Gelar Sidang Tahunan MPR RI 16 Agustus 2023