Home / Eksekutif

Minggu, 21 April 2024 - 09:18 WIB

Gubernur Mahyeldi Tekankan Pentingnya Penghitungan Ketersediaan Pangan yang Lebih Cermat untuk Sikapi Pola Cuaca yang Tak Menentu

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menilai kesiapsiagaan dan perhitungan yang cermat sangat diperlukan dalam memastikan ketersediaan pangan di tengah pola perubahan cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini. Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri agenda Halal Bihalal Pascalebaran di Kantor Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Jumat (19/04/2024).

“Dulu, perkiraan cuaca hujan itu lebih mudah diprediksi, biasanya saat bulan September sampai Desember dan Januari, itu musim hujan. Setelahnya, biasanya musim panas. Namun, beberapa waktu belakangan pola cuaca tampak berubah. Saat ini April, intensitas hujan masih tinggi,” ucap Gubernur.

Baca Juga :  Bincang Enam Jam Gubernur Mahyeldi dan Presiden Jokowi, Fly Over Sitinjau Lauik dan Sektor Pertanian Sumbar Direspons Positif

Cuaca yang tidak menentu, sambung Gubernur berdampak pada potensi kejadian bencana yang juga sulit diprediksi. Persoalan menjadi semakin berkembang mengingat sebagian besar wilayah Sumbar adalah daerah dengan potensi kebencanaan yang cukup tinggi.

“Kejadian bencana sendiri dapat mengganggu kestabilan harga pangan dan ketersediaan produk pangan. Sebab, bencana bisa menyebabkan kejadian gagal panen, tersendatnya distribusi, dan lain sebagainya. Semua hal itu menjadi alasan utama kita untuk berhitung lebih cermat terkait ketersediaan pangan dan kestabilan harganya di pasaran,” ucap Gubernur lagi.

Baca Juga :  Gubernur Sumatra Barat Serahkan Bantuan , Mensin Tempel , Bibit ikan , Serta BPJS Di kabpaten Pesisir Selatan dan Kota Painan

Meski demikian, Gubernur mengapresiasi gerak cepat Dinas Pangan serta Dinas dan Lembaga terkait, dalam mengatasi ketidakstabilan harga pangan serta ketidaktersediaan pangan selama momentum Ramadhan dan Lebaran Idulfithri 1445 Hijriah.

“Kinerja ini harus kita pertahankan dan tingkatkan. Jangan hanya menggunakan ilmu dan kepintaran dalam bekerja, tapi juga keimanan dan kesadaran spiritual untuk mengatasi berbagai persoalan yang mungkin atau sedang dihadapi masyarakat,” ucap Gubernur yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Pangan Sumbar Syaiful Bahri dan Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Edi Dharma Syafni. (adpsb/h).

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Ganjar Bernyanyi Bersama Putri Ariani, Meriahkan Konser Musik Langit Berdendang

Eksekutif

Buka VSGA 2024, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar

Eksekutif

Muhammad Iqbal di Lantik menjadi Rektor SWINS

Eksekutif

Peletakan Batu Pertama TPQ/MDA Masjid Nurul Istiqlal, Gubernur Mahyeldi : Wadah Membentuk Generasi Qurani

Eksekutif

Matangkan Launching Car Free Day dan Makan Balanjuang Bersama Masyarakat, Dispora Sumbar Gelar Rapat Bersama  OPD 

Eksekutif

Upayakan Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Sambangi BNPB

Eksekutif

Dispora Sumbar Gelar Forum Organisasi Perangkat Daeerah Rencana Awal Kerja

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tinjau Sejumlah Lokasi Rawan Bencana dan Kawasan Blind Spot di Agam