Home / Eksekutif / Rilis / Tokoh

Jumat, 29 September 2023 - 05:54 WIB

Gubernur Mahyeldi Siapkan Langkah Strategis untuk Tingkatkan Produktivitas Padi di Sumbar.

Wawan - Penulis

PASAMAN BARAT — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengaku tengah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas padi di Sumbar. Menurutnya, itu penting untuk mengamankan persediaan beras lokal selama masa El Nino.

“Sejumlah langkah strategis tengah kita siapkan untuk memastikan ketersediaan beras di Sumbar selama masa El Nino seperti, pengidentifikasian masalah produksi dan merencanakan pemanfaatan teknologi,” kata Gubernur Mahyeldi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri acara Panen Raya Padi di Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat. Kamis (28/9/2023).

Mahyeldi mengakui, saat ini mayoritas permasalahan dalam produktifitas pertanian padi di Sumbar adalah faktor belum maksimalnya ketersediaan infrastruktur pengairan dan rendahnya pemenfaatan teknologi. Akibat dari keterbatasan tersebut, Petani lokal hanya bisa panen dua kali dalam setahun.

Guna mengatasi masalah tersebut, Mahyeldi mendorong perangkat daerah terkait untuk menjalin komunikasi lebih intensif dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian dan Balai. Tujuannya agar dapat saling mendukung sesuai kewenangan dalam penanganan berbagai masalah pertanian di daerah.

“Kita minta OPD terkait agar lebih intensif berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat agar segera ada solusi. Biasanya petani hanya bisa panen dua kali dalam setahun. Diharapkan dengan adanya dukungan pemerintah pusat, kedepan Petani kita bisa panen tiga kali dalam setahun,” harap Mahyeldi.

Baca Juga :  Bamsoet: Bersama Seniman Nusantara, MPR Siapkan Lagu 'Pilar Bangsa'

“Kolaborasi dan sinergitas dengan seluruh pihak, menjadi sangat penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sektor pertanian saat ini,” sambung Mahyeldi lagi.

Lebih lanjut Gubernur menuturkan, pada tingkat Provinsi pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk mendukung sektor pertanian di Kabupaten Pasaman Barat dan sejumlah daerah pertanian lainnya di Sumbar. Salah satunya dengan menfasilitasi penyediaan benih untuk masyarakat, perbaikan irigasi lahan pertanian, dan penyediaan pupuk bersubsidi, hingga penyediaan mesin pengolahan pasca panen dan pengembangan kelembagaan kelompok tani.

“Lahan sawah di Nagari Desa Baru ini luasnya sekitar 450 hektar dan berada pada satu hamparan sehingga sangat mungkin untuk diterapkan teknologi seperti, combine harvester atau alat panen modern sehingga memudahkan kerja petani dan lebih hemat secara biaya” kata Gubernur Sumbar.

Terkait dengan aspirasi dari petani di Nagari Desa Baru Kec. Ranah Batahan, terkait masalah pengairan. Gubernur mengaku akan segera mengkoordinasikannya dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V, ia berharap akan ada solusi dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Warga NU Harus Bangga Dan Mendukung Muhaimin Iskandar Jadi Cawapres, Ini Alasannya

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi juga mengatakan hal yang sama kepada Gubernur, menurutnya salah satu permasalahan utama untuk sektor pertanian di daerah tersebut adalah pengairannya.

Ia berharap dengan hadirnya bapak Gubernur bersama rombongan saat ini dapat membantu percepatan pembangunan irigasi di Pasaman Barat. Bupati menilai, sayang potensi pertanian ini jika tidak dimaksimalkan karena lahannya cukup luas dan kelompok taninya juga banyak.

“Persoalan pengairan menjadi kebutuhan utama sektor pertanian di Pasaman Barat saat ini. Sebelumnya, kita sudah pembangunan irigasi kepada BWS, namun sampai sekarang belum terealisasi. Kami mohon dukungan dari Pak Gubernur untuk penguatan usulan tersebut kepada pihak Balai,” kata Hamsuardi.

Terakhir Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur yang mengalokasikan bantuan Provinsi ke Kabupaten Pasaman Barat seperti benih padi, alat pasca panen, 1 unit becak motor, alsintan cultivator 4 unit, ternak itik 2.500 ekor, ternak kambing sebanyak 150 ekor, revitalisasi penggilingan padi kecil serta bantan lainnya. (adpsb / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Opini

Menakar Arah Putusan MKMK Atas Pelanggaran Kode etik dan Prilaku Hakim MK RI.

Eksekutif

Efriedi Dilewakan sebagai Rajo Dubalang Pucuk Adat Simpang Tonang, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Soal Pembinaan Anak dan Kamanakan

Rilis

Wujudkan Banyuasin Maju, Pakde Serius Gandeng Partai Demokrat

Eksekutif

Halal Bihalal IKA FPUA, Gubernur Mahyeldi Minta Alumni Pertanian Unand Terus Tingkatkan Kontribusi

Eksekutif

Gubernur Sumbar Perintahkan RSAM Bukittinggi terima semua korban bencana

Rilis

Peduli Laka Lantas !! Satlantas Polres Kudus Berkunjung

Rilis

Presiden Jokowi Menghadiri INDONESIA – PEA Investment Forum

Rilis

Diduga Lecehkan Sesama Profesi, Puluhan Wartawan Geruduk Kantor Media Harian Banyuasin