Home / Eksekutif / Opini / Rilis

Rabu, 6 September 2023 - 16:29 WIB

Gubernur Mahyeldi Siapkan Hadiah Umrah bagi Nelayan Pengumpul Sampah Terbanyak di Pantai Padang

Wawan - Penulis

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengajak para nelayan untuk berkompetisi mengumpulkan sampah di Pantai Padang. Tak main-main, Gubernur menjanjikan _reward_ umrah bagi nelayan yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak hingga akhir tahun 2023.

Ajakan kepada para nelayan itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri peringatan gerakan nasional Bulan Cinta Laut (BCL) – Gerakan Partisipasi Nelayan Mengambil Sampah Laut, Rabu (06/09/2023) di Pantai Muaro Lasak Kota Padang.

“Apa yang dilakukan saudara-saudara kita para nelayan dalam aksi Bulan Cinta Laut ini, adalah gerakan yang mulia dan patut diapresiasi. Tapi, gerakan ini tidak boleh berhenti di bulan ini saja. Harus lanjut minimal sampai akhir tahun. Bagi nelayan yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak di akhir tahun ini, akan kita berangkatkan umrah ke Tanah Suci,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga :  Terima Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia, Bamsoet Dukung Keberadaan DPRD Diatur Dalam Perundangan Khusus

Ada pun dalam sambutannya, Gubernur menegaskan bahwa kehidupan di darat teramat bergantung kepada laut. Oleh karena itu, Gubernur menegaskan pentingnya menjaga dan merawat laut secara maksimal, dengan tidak membuang sampah ke laut, termasuk juga ke sungai, danau, dan kawasan perairan lainnya.

“Jangan ada lagi yang membuang sampah ke laut, sehingga membuat laut dan potensi besar di dalamya menjadi rusak. Selain itu, laut juga tidak rela menerima sampah kita. Buktinya, saat cuaca sedang tidak bersahabat, sampah akan dikembalikan lagi oleh laut ke daratan. Ini harus kita ingat,” ucapnya lagi.

Baca Juga :  Rafika Putra Optimis Dulang Medali Lontar Martil

Peringatan Bulan Cinta Laut di Sumbar tahun ini juga diisi dengan agenda dialog antara nelayan dengan Gubernur Sumbar, Danlantamal II Padang, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sumbar.

Selain itu tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sumbar, Kepala Biro Adpim Prov. Sumbar, Pemko Padang, serta perwakilan PT Pegadaian dan PT Semen Padang selaku perusahaan yang ikut mendukung terlaksananya gerakan partisipasi nelayan mengambil sampah laut pada peringatan BCL di Kota Padang tahun ini. (adpsb/ H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

TNI-Polri Kuasai Bandara Kiwirok, 17 Warga Berhasil Dievakuasi

Rilis

Seleksi Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Akhirnya Tuntas Dan Di Lantik

Eksekutif

Terima Kunjungan Sejumlah Budayawan, Gubernur Mahyeldi Tampung Usulan Penundaan Ranperda Pemajuan Kebudayaan

Rilis

Giat TTG dan BBGRM Resmi Ditutup, Juara Harapan II Bagi Pali
Perumda Air Minum upayakan distribusi air di musim kemarau

Eksekutif

Musim Kemarau, Perumda Air Minum Kota Padang Upayakan Distribusi Air Tetap Terjaga

Rilis

Baliho Irjen Pol. Ahmad Luthfi Penuhi Kudus

Eksekutif

Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Rp137 Miliar Perbaikan Jalan di Tanah Datar

Eksekutif

Buka Rakor KDEKS Sumbar 2023, Gubernur Mahyeldi : Sumbar Terdepan Menuju Pusat Industri Halal