Home / Eksekutif

Selasa, 9 Juli 2024 - 19:12 WIB

Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid dan Pembangunan Sarana Penunjang Pendidikan di Maninjau

Wawan - Penulis

AGAM, -Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meresmikan bangunan Masjid Ar-Rahim di kompleks TK-SD Rasuna Said, Panyinggahan, Maninjau Kabupaten Agam, Selasa (09/07/2024). Selain itu di kawasan yang sama, Gubernur juga mengunjungi Cagar Budaya Museum Hadji Moehamad Said dan meletakkan batu pertama pembangunan asrama putri serta rumah tahfizh MAN 1 Agam.

Dalam sambutannya, Gubernur menegaskan pentingnya keberadaan sarana pendidikan dan rumah ibadah sebagai tempat untuk membina generasi masa depan. Terlebih di Kabupaten Agam, yang merupakan daerah tempat lahirnya banyak pahlawan nasional dan tokoh-tokoh bangsa.

“Kita mengenal Rangkayo Hajah Rasuna Said, H. Agus Salim, AK Gani, Mohammad Natsir, Buya Hamka, dan banyak lagi pahlawan nasional yang berasal dari Agam. Bagaimana pola pendidikan yang dijalani oleh para pendahulu kita tersebut, itu yang perlu kita pertahankan melalui keberadaan sekolah dan masjid,” ujar Gubernur.

Baca Juga :  Kunjungi SMA dan SMK di Pasaman, Gubernur Mahyeldi : Pendidikan Tonggak Utama Memacu Pembangunan

Gubernur berharap, sarana pendidikan yang semakin lengkap dengan hadirnya masjid dan rumah tahfizh, dapat menunjang pendidikan yang lebih komprehensif dengan memadukan keilmuan sains dan keilmuan Al-Qur’an. Oleh karena itu, Gubernur berharap agar kehadiran sarana tersebut dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya.

“Terima kasih kepada para donatur, terutama para perantau Maninjau dan keluarga besar Rangkayo Hajah Rasuna Said yang telah membangun sarana pendidikan di Maninjau,” ujar Gubernur yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Agam, Andri Warman menyebutkan bahwa Pemkab Agam terus fokus memperbanyak sarana ibadah dan rumah tahfizh di daerah tersebut. Khusus untuk Masjid Ar-Rahim yang diresmikan kali ini, Pemkab Agam juga telah menempatkan anggaran pembangunan senilai Rp200 juta.

Baca Juga :  Peringatan HUT TNI ke 78, DPMD Sumbar Satu Satunya OPD Raih Penghargaan dari Danrem 032 Wirabraja

“Tentu kita berharap, agar keberadaan masjid ini dapat difungsikan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Selain untuk tempat beribadah, juga untuk menggelar berbagai kegiatan keagamaan, pendidikan, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Agam, Thomas Febria; Kadis Pendidikan Agam, Taslim; Staf Ahli Bupati Agam, Roza, Camat Tanjung Raya, Hafiz; Kapolsek Tanjung Raya, Muzakar, Danramil Tanjung Raya, Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam Maninjau, Pimpinan TK-SD Islam Rasuna Said, serta Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Tanjung Raya. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Pemprov Sumbar Gelar Parade Seni Budaya Minangkabau di Jakarta untuk Promosikan Keelokan Budaya Lokal

Eksekutif

Sambut Komisi X DPR RI, Gubernur Mahyeldi Sebut Pariwisata Sumbar Berharap Dapat Banyak Masukan

Eksekutif

Dr Drs Bahtiar MS : Pemilu adalah Bagian dari Pembangunan Negara

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi dan Investor Turki Bahas Peluang Kerja Sama Bidang Pariwisata di Kawasan Mandeh dan Mentawai

Eksekutif

HARI AKHIR KAMPANYE, RELAWAN SAPUJAGAD ADAKAN ISTIGHOSAH BERSAMA WARGA NU SUKABUMI

Eksekutif

Minimnya Partisipasi Demokrasi, KPUD Kota Ambon Agendakan Program Desa Peduli Pemilu

Eksekutif

Menteri Desa  Kampanye Calon Pesiden di Kampus dan Rakornas Trasmigrasi

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Komitmen PT. Pegadaian dan Forsepsi dalam Menjaga Lingkungan lewat Pengelolaan Sampah