Home / Eksekutif

Senin, 15 Januari 2024 - 21:24 WIB

Gubernur Mahyeldi Pimpin Upacara Tabur Bunga Peringatan Hari Dharma Samudera ke-62 di Atas KRI Cakalang

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bertindak selaku Inspektur pada Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-62, yang digelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Cakalang, Senin (15/01/2024).

Upacara di kawasan perairan Teluk Bayur Kota Padang itu diawali dengan mengenang kembali rentetan perjuangan para pahlawan samudera dalam merebut, menjaga, dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Gubernur Mahyeldi berharap, kisah patriotisme para pejuang tersebut dapat diadopsi dan diwarisi oleh generasi penerus bangsa.

“Alhamdulillah, kita baru saja selesai melaksanakan Upacara Tabur Bunga dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera. Sebagaimana tadi disampaikan, bahwa begitu besar jasa para pejuang dalam mempertahankan NKRI, sehingga momen ini terasa begitu khidmat dan mengharukan bagi kita,” ucap Gubernur usai memimpin upacara tabur bunga.

Baca Juga :  Wagub Audy Motivasi Lulusan Politeknik LP3I Padang untuk Terus Pacu Kompetensi diri

Gubernur menyebutkan, generasi saat ini tidak boleh lengah, dan harus terus meningkatkan kapasitas agar kedaulatan NKRI dapat terus dijaga. Terlebih, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki lautan yang luas dan garis pantai yang panjang, yang harus senantiasa dijaga dan dipertahankan.

“Oleh karena itu, sejak di bangku pendidikan saya selalu mengimbau, anak-anak kita harus senantiasa dekat dengan laut, harus mencintai laut, dan harus bisa berenang. Sebab, kehidupan kita di daratan juga sangat bergantung pada hasil laut. Saya juga komunikasikan dengan Danlantamal II Padang, Laksma Syufenri, agar pendidikan kelautan ini bisa kita lakukan lebih masif lagi,” ucap Gubernur Mahyeldi lagi.

Baca Juga :  Mentan Siapkan Puluhan Miliar untuk Lahan Gagal Panen karena Bencana, Gubernur Mahyeldi Ucap Syukur dan Terima Kasih

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danlantamal II Padang beserta jajaran, yang telah menggelar pelaksanaan upacara tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Samudera. “Ini juga tentu pengalaman menarik bagi saya, memimpin upacara di atas kapal di tengah laut. Sehingga kita pantas berpikir, bagaimana susahnya berjuang dan berperang mempertahankan NKRI di tengah lautan,” ucap Gubernur menutup. (adpsb/ ** / H )

Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Laporkan Rencana Flyover Sitinjau Lauik, Presiden Jokowi Rencanakan Kembali ke Sumbar Desember Mendatang

Eksekutif

Fokus Tekan Stunting di Mentawai, Gubernur Mahyeldi : Kesehatan AnakĀ  Investasi Tak Ternilai bagi Bangsa

Eksekutif

PKS Sumatra Barat Melahirkan Srikandi Srikandi Muda Yang mempunyai Jiwa Nasionalisme

Eksekutif

Curah Hujan Tinggi dan Marapi Masih Erupsi, Gubernur Mahyeldi Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Eksekutif

Danrem 032/Wirabraja Berganti, Gubernur Mahyeldi: Korem 032 Wbr Miliki Peran Sentral bagi Teritorial dan Masyarakat Sumbar

Eksekutif

Buka Rakernas HDCI, Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Kembangkan Perekonomian Nasional

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Nyatakan Kebanggaan terhadap Inovasi Masuk Surga BKIM Sumbar yang Masuk Jajaran 10 Besar IGA 2023

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Kunjungi Dubes Penny Williams, Bicarakan Rencana Kerja Sama Sumbar dan Australia