Home / Eksekutif / Parpol / Rilis

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:24 WIB

Gubernur Mahyeldi Membuka Perlombaan Untuk Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Yang Digelar Pemprov Sumbar

Wawan - Penulis

PADANG, Politicnews.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Ke-78 RI, Pemprov Sumbar melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar menggelar Lomba Murral Melukis Tempat Sampah Tingkat SLTA sederajat di selenggarakan di pelataran parkir Kantor DLH Sumbar, Jl. Khatib Sulaiman No. 22 Padang, Rabu (09/08/2023).

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan imajinasi anak-anak peserta lomba, untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di wilayah tersebut.

“Tong sampah mempunyai peranan penting bagi kebersihan lingkungan. Bagaimana jika tong sampah yang kumuh itu disulap menjadi cantik dan menarik, harusnya tidak ada lagi yang lupa membuang sampah apabila tong terlihat menarik,” kata Mahyeldi saat membuka lomba melukis tempat sampah.

Gubernur Mahyeldi mengajak peserta lomba pelukis sampah agar berkonsentrasi dalam melukis agar menghasilkan tempat sampah yang cantik sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang orang membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga :  Green Manueke : Menteri Desa PDTT Upacara di Miangas,Bukti Pemerintah Pusat perhatikan Daerah Perbatasan

“Butuh ketenangan untuk menghadirkan imajinasi, sehingga menarik untuk meningkatkan kemauan orang membuang sampah ditempat sampah,” ajak Mahyeldi di hadapan peserta pelukis sampah.

Selain itu, ia menyebut saat ini Pemprov Sumbar tengah fokus untuk itu, sebagai mana ananda ketahui di Sumbar ini hampir 1000 ton perhari banyak sampah. Ia berharap dengan adanya lomba melukis tempat sampah hari ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda di dalam masalah lingkungan.

“Mudah-mudahan anak-anak kita bisa mengikuti perlombaan ini dengan sebaik baiknya dan terimakasih kita ucapkan kepada seluruh panitia dan kepada pihak yang telah berkontribusi, semoga apa yang dilakukan hari ini bernilai pahala di sisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Asben Hendiri juga melaporkan selain memeriahkan HUT kemerdekaan ke-78 RI, kegiatan ini juga bertujuan dalam bentuk memberikan perhatian terhadap pengolahan sampah dan meningkatkan imajinasi yang luas kepada generasi muda penerus bangsa dalam mengekspresikan jati dirinya.

Baca Juga :  KSAD Disetujui Jadi Panglima TNI, KSAL Tetap Semangat

“Untuk tahun 2023 ini peringatan HUT RI ini ke 78 ini mengusungkan tema, terus melaju untuk Indonesia maju. Hal ini bertujuan untuk mendukung prinsip pembanguan berkelanjutan dengan generasi muda penerus bangsa untuk pelestarian lingkungan,” terang Asben.

Untuk peserta lomba diikuti oleh 44 SLTA sederajat tingkat Se-Sumbar, khususnya kota Padang dan sekitarnya, masing-masin sekolah sebanyak 5 lima orang di dampingi oleh majelis guru.

“Kita berharap hasil lukisan pada tong sampah ini diharapkan mampu menjadi pengingat untuk membuat sampah pada tempatnya,” tuturnya.

Pada hari yang sama, usai membuka Lomba Melukis tempat sampah, Gubernur Mahyeldi juga membuka lomba pacu karung dan lomba tarik tambang terlihat perlombaan tersebut terlihat ramai meriah di halaman Kantor Gubernur Sumbar.( ** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Parpol

Sapa Masyarakat Kelurahan Padang Sarai, Harneli : Tentukan Pilihan Terbaik untuk Perubahan

Rilis

Penguatan Prokes Jelang PON XX, BNPB Dorong 350 Ribu Masker Kabupaten Mimika

Eksekutif

Safari Ramadhan di Pasaman, Gubernur Mahyeldi Imbau Pemuda Senantiasa Memakmurkan Masjid

Parpol

Suhfi Majid: PKS Layak Memimpin Indonesia

Komunitas

Ganjar Diserbu Lautan Manusia saat Perpisahan; Terima Kasih, Ini Kekuatan Buat Saya

Komunitas

Alumni SMA Jaringan Bersama Indonesia(ASJBI)Siap Terbangkan Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

Rilis

Warga Keluhkan Jabatan Ketua RT 18-19 Kelurahan 24 Ilir Minta Segera Pengantian

Rilis

Pelantikan Sefti Agsiadi SE PAW DPRD Dari Partai Kebangkitan Bangsa