Home / Eksekutif

Senin, 17 Juni 2024 - 15:01 WIB

Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Pondasi Tauhid saat Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar

Wawan - Penulis

PADANG, -Ribuan warga mengikuti ibadah berjemaah Shalat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Raya Sumbar, Senin (17/06/2024). Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, bertindak selaku khatib dalam ibadah sunat yang juga dihadiri oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Forkopimda, dan Pejabat di Lingkup Pemprov Sumbar tersebut.

Dalam khutbahnya, Gubernur Mahyeldi menyampaikan betapa pentingnya menanamkan pondasi dan kemantapan tauhid dalam hati setiap orang yang beriman. Sebagaimana kemantapan tauhid yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, serta seluruh nabi dan rasul utusan Allah.

“Ibadah qurban mengingatkan kita pada ketaatan dan kemantapan tauhid Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, yang dengan keikhlasannya menjalankan perintah Allah untuk mengurbankan anaknya Nabi Ismail. Itu semua semata-mata mencari ridho Allah SWT,” ucap Gubernur Mahyeldi di awal khutbahnya.

Oleh karena itu, Gubernur berpesan kepada seluruh jemaah Shalat Ied Adha di Masjid Raya Sumbar, agar benar-benar memperhatikan pendidikan dan kehidupan anak atau remaja masing-masing. Terutama sekali memantapkan pondasi atsu dasar-dasar ketauhidan dalam hati mereka.

Baca Juga :  Peringati Hari Musik Nasional, Ketua MPR RI Bamsoet Buka Festival Musik Tradisi dan Orkestra Musik Nusantara

“Sebab dengan kemantapan tauhid itu, sama halnya kita memperkokoh anak-anak kita, agar tidak dirusak dan diracuni oleh hal-hal negatif seperti, narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas. Jangan pernah berhenti dan bosan memberikan perhatian kepada anak dan remaja kita. Agar mereka tidak tersesat di kemudian hari,” kata Gubernur lagi.

Di sisi lain, di sela pelaksanaan Shalat Ied Adha tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, juga mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momentum hari raya dengan penuh dengan kegembiraan. Ia juga mengajak masyarakat untuk bahu membahu dan saling meringankan beban, terutama di kawasan terdampak bencana.

“Atas nama Pemprov Sumbar, kami mengucapakan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Mari kita bersama-sama, saling bahu membahu, baik yang ada di ranah maupun di rantau. Mari saling membantu dan meringankan,” imbau Wagub.

Baca Juga :  Kemeriahan Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Kazakhstan

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Sumbar, Al Amin, melaporkan bahwa pelaksanaan sholat hari raya sedianya direncanakan di halaman kantor gubernur, tetapi karena faktor cuaca, pelaksanaannya segera dialihkan ke Masjid Raya Sumbar.

Usai salat Idul Adha yang diimami oleh Imam Masjid Raya Sumbar Muhammad Amin tersebut, Pemprov akan membagikan daging qurban untuk masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. Empat kabupaten dan kota itu dipilih karena merupakan empat daerah yang paling terdampak oleh bencana banjir, longsor, banjir lahar dingin, dan banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Selain itu, kita juga akan memagikan daging qurban di daerah 3T, yang musalanya tidak mengadakan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini,” ujarnya. (adv/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Safari Ramadhan di Masjid Al Amin Korong Gadang, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Peran Penting Pendidikan bagi Masa Depan Anak dan Remaja

Eksekutif

Gubernur Sumbar Mahyeldi Asharullah bersama Istri Harneli Mahyeldi , Nonton Bareng Film Buya Hamka Vol 2

Eksekutif

Buka Turnamen Mini Socer, Gubernur Mahyeldi Ajak Perangi Narkoba dengan Memasifkan Penyelenggaraan Kegiatan Olahraga di Tengah Masyarakat

Eksekutif

Menteri PUPR Setujui Prakarsa KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Mahyeldi : Kita Segerakan Penyelesaian Revisi RTRW dan Mendorong Percepatan Izin Kawasan Hutan

Eksekutif

Ungkap Kronologis Penguasaan Lahan Hutan Produksi oleh Masyarakat, Gubernur Mahyeldi Gelar Pertemuan dengan Wabup Pasbar

Eksekutif

Lepas Peserta Sepeda Sehat di Jalur Tol, Gubernur Mahyeldi Sebut Ruas Padang-Sicincin Ditarget Rampung Sebelum Ramadan

Eksekutif

Buka Musrenbang Terintegrasi, Gubernur Mahyeldi Jabarkan Delapan Langkah Utama Mewujudkan Mimpi Besar Sumbar 2045

Eksekutif

Lantik Taruna-Taruni SMK 1 Koto Baru Dharmasraya, Gubernur Mahyeldi Sebut Pentingnya Pelajar Berkarakter Disiplin dan Berjiwa Nasionalis