Home / Eksekutif

Rabu, 8 Mei 2024 - 06:12 WIB

Gubernur Mahyeldi dan Dubes RI untuk Nigeria Apresiasi  PT Kunango Jantan Ditunjuk sebagai Perusahaan Pembuat Mesin Pupuk Batubara

Wawan - Penulis

PADANG – Sumatera Barat (Sumbar) menjadi daerah pertama yang menggelar pelatihan pembuatan pupuk dari bahan batubara, yang digelar oleh Saputra Academy pertengahan April lalu. Namun di samping itu, PT Kunango Jantan juga mendapat apresiasi setelah ditunjuk sebagai perusahaan pembuat mesin pengolahan pupuk berbasis batubara tersebut.

Apresiasi terhadap PT Kunango Jantan disampaikan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah serta oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap. Pelatihan perdana di Sumbar yang digelar oleh Saputra Academy sendiri, memang diikuti oleh para peserta dari Nigeria.

“Alhamdulillah, selain Sumbar yang dipercaya sebagai tempat pelatihan pembuatan pupuk berbasis batubara oleh Saputra Academy, PT Kunango Jantan juga dipercaya sebagai perusahaan pembuat mesin pengolahan pupuknya. Tentu ini hal yang baik bagi kita, karena perusahaan yang lahir dan berbasis di Sumbar, mampu berbicara di level nasional dan internasional,” ujar Gubernur Mahyeldi, Selasa (07/05/2024).

Apresiasi terhadap PT Kunango Jantan, juga disampaikan oleh Dubes RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap. “Tentu sangat membanggakan saat perusahaan kita dipercaya dan ditunjuk sebagai perusahaan yang akan memproduksi mesin pengolahan pupuk berbahan batubara ini. Kepercayaan ini adalah hal yang luar biasa,” ucap Usra Hendra Harahap.

Baca Juga :  STEI Ar Risalah Sumbar Gelar Lokakarya Harmonisasi Kurikulum Ma'had Aly

Sebelumnya, Usra Hendra Harahap mengatakan, salah satu keunggulan produk pupuk batubara bernama Pupuk Futura yang diproduksi oleh Saputra Academy, adalah kemampuan mengembalikan 26 nutrisi ke dalam tanah. Sehingga, produk pertanian yang dihasilkan memiliki kualitas baik dengan waktu panen yang lebih cepat.

“Terlebih, negara seperti Nigeria adalah daerah critical mineral, sehingga kaya akan sumber daya alam, termasuk batubara. Namun karena keterbatasan teknologi, makanya mereka datang ke Indonesia untuk belajar cara pengolahan pupuk berbasis batubara,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Raden Umar Hasan Saputra dari The Investor of Coal Fertilizer (Investor Pupuk Batubara) dalam kesempatan itu menyebutkan, pelatihan ini bertujuan untuk melakukan transfer teknologi.

Baca Juga :  Idul Adha 1444 Hijriah, Perumda Air Minum Kota Padang Serahkan Hewan Kurban 49 Ekor Sapi dan 24 Ekor Kambing

“Kita menjual pupuk batubara ini hanya sementara. Sebab kita ingin secepatnya kondisi tanah di dunia ini segera membaik. Salah satunya dengan menggunakan pupuk dari batubara. Tentunya dengan membangun pabrik pupuk batubara di setiap negara, dibutuhkan teknologi, oleh karena itu butuh pelatihan dalam pembuatan pabrik tersebut,” katanya.

Selanjutnya, Saputra menjelaskan perbedaan pupuk futura dengan pupuk biasa antara lain, memiliki kandungan unsur hara sangat lengkap, termasuk asam humat 20,33 persen, sehingga hasil panen sangat lengkap nutrisinya. Kemudian, pupuk futura memiliki asam humat yang sangat tinggi untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah, meningkatkan efisiensi dan efektivitas serapan pupuk, sehingga meningkatkan produksi.

“Selain itu, pupuk futura dapat menyempurnakan kualitas hasil panen dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit, serta menghemat biaya pemupukan karena harga lebih terjangkau, dan sangat cocok untuk semua jenis tanaman. Bahkan hasil panen lebih baik untuk kesehatan,” ucapnya lagi. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Sumbar Dorong Sinergitas Pemda dengan Badan Amil Zakat

Eksekutif

Kualitas Pelayanan Publik di Sumbar Terus Meningkat, Gubernur Mahyeldi Minta Kepala Daerah dan Jajaran Tidak Lekas Berpuas Diri

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Siapkan ASN Adaptif dan Transformasi Digital di Sumbar Melalui Pelatihan GTA

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Sebut Sumbangsih Dr. M. Djamil Sangat Layak Diganjar Gelar Pahlawan Nasional

Eksekutif

Status Marapi Siaga, Gubernur Mahyeldi Instruksikan BPBD Intensifkan Koordinasi

Eksekutif

Kondisi Kesehatan Ibunda Membaik, Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih pada Masyarakat dan Paramedis

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Sejumlah OPD Dukung Program Perhutanan Sosial di Sumbar

Eksekutif

Narasumber di Jakarta Halal Festival, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Sumbar Makin Siap Jadi Pusat Industri Halal Nasional