Home / Rilis

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:24 WIB

Gubernur Mahyeldi Dampingi Mentan ke Lokasi Bencana, Lahan Pertanian Rusak akan Segera Direhabilitasi

Wawan - Penulis

Gubernur Mahyeldi Dampingi Mentan ke Lokasi Bencana, Lahan Pertanian Rusak akan Segera Direhabilitasi

AGAM–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah bertekad segera memenuhi persyaratan agar bantuan rehabilitasi lahan pertanian yang rusak akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor segera dikucurkan. Hal itu disampaikan Gubernur saat mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman ke Bukik Batabuah, Kabupaten Agam, Sabtu (18/05/2024).

“Alhamdulillah, tadi kami bersama Bupati Agam telah mendampingi Bapak Mentan meninjau lahan pertanian masyarakat kita yang rusak karena bencana. Beliau menyatakan segera menganggarkan perbaikan lahan tersebut. Tinggal di kita untuk memenuhi persyaratannya. Kita komitmen bersama Pak Bupati untuk menyegerakan administrasi dan datanya,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Perusahaan Pers Suarakan Narasi Kebangsaan

Sementara itu dalam keterangannya, Mentan Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya telah menerima laporan bahwa bencana banjir lahar dingin dan longsor di Sumbar turut berdampak pada rusaknya 2 ribu hektare (ha) lebih kahan pertanian. Sehingga untuk penanganannya dibutuhkan rehabilitasi lahan.

” InsyaAllah kami akan bantu dalam waktu dekat. Terkait material abu vulkanik yang menimbun lahan persawahan nanti teknisnya itu akan dibangun kembali. Anggaran per hektarnya lebih kurang Rp4,6 juta, maka untuk dua ribuan hektare itu membutuhkan anggaran Rp10 miliar. Nanti ditambah alat dan mesin pertanian itu sekitar Rp15-20 miliar,” ucap Mentan Amran.

Baca Juga :  Gelar Ulang Tahun ke 51, H. Suwito : Satukan Barisan Menangkan Pemilu 2024

Ia juga menegaskan telah menghubungi Ditjen terkait untuk menindaklanjuti penanganan terhadap dampak kerusakan lahan dan kerugian sektor pertanian akibat bencana di Sumbar. Selanjutnya, Mentan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) melalui dinas terkait di kabupaten/kota dan provinsi untuk menyegerakan data Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) yang akan menerima bantuan.

“Saya sudah telpon Dirjen terkait. InsyaAllah akan dialihkan anggarannya ke sini. Saya minta Kepala Dinas Kabupaten/Kota dan Provinsi segera menindaklanjuti CPCL-nya. Bantu masyarakat untuk administrasinya. UPT Kementan di Sumbar juga saya minta segera bertindak bantu masyarakat,” ucapnya menekankan. (adpsb/cen)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Politic

Hadiri Halal Bihalal PADIH UNPAD, Ketua MPR RI Bamsoet Siap Dorong Pemerintahan Prabowo – Gibran Lakukan Legislatif Review

Eksekutif

Cerita Inspiratif Pemuda Berprestasi Sumbar Tahun 2023

Rilis

Garuda Indonesia Tawarkan Potongan Harga Tiket Penerbangan

Rilis

Food Estate Mangkrak, GMNI Pertanyakan Kinerja Menhan Prabowo

Rilis

KPK Kantongi Kesaksian Anies soal Modal Rumah DP Rp 0 di Kasus Korupsi Lahan

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Harap Hari Raya Idul Fitri Perkuat Ikatan Kebangsaan Antar Anak Bangsa

Legislator

Ketua MPR: Jadikan Peringatan Hari Konstitusi 2022 Momen Terbaik Untuk Refleksi Diri Sekaligus Proyeksi Ke Depan

Rilis

125 Pegawai BPN Terlibat Mafia Tanah