Home / Eksekutif

Senin, 3 Juni 2024 - 12:52 WIB

Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Bendahara/Verifikator Keuangan SKPD Pemprov Sumbar

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, membuka secara resmi Pelatihan Bendahara/Verifikator Keuangan SKPD bagi ASN di Lingkungan Pemprov Sumbar, Senin (03/06/2024). Dalam arahannya, Gubernur mengingatkan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan dan dipertanggunggugatkan.

“Patut bapak/ibu sadari, bahwa pekerjaan sebagai bendahara atau verifikator keuangan adalah pekerjaan yang mulia, yang menuntut kerapian, integritas, kejujuran, serta tanggung jawab. Bapak/Ibu sekalian adalah orang-orang pilihan yang dipercayai untuk memikul tugas tersebut,” ujar Gubernur mengawali arahannya di Aula Kantor BPSDM Sumbar.

Melalui pelatihan yang dilakukan, Gubernur berharap agar kompetensi bendahara/verifikator keuangan di lingkup SKPD Pemprov Sumbar terus meningkat. Sehingga dengan sendirinya, pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah semakin lebih baik dan maksimal.

Baca Juga :  Wagub Audy Tegaskan Upaya Percepatan Penurunan Stunting Sumbar Butuh Perhatian Sangat Serius

“Kompetensi dalam memahami berbagai peraturan dalam pengelolaan keuangan harus dimiliki. Terlebih, setiap tahun ada saja peraturan yang berganti, dan itu semua harus dipahami oleh bendahara/verifikator keuangan. Sehingga, semua pekerjaan pengelolaan keuangan itu bisa dipertanggungjawabkan dan dipertanggunggugatkan,” ucapnya lagi.

Gubernur juga menegaskan, bahwa minimnya penguasaan terhadap peraturan dalam pelaksanaan keuangan daerah, dapat menyebabkan temuan yang berujung pada masalah hukum. Semestinya, dengan melakukan pekerjaan yang sama setiap tahun sesuai peraturan yang berlaku, maka potensi temuan akan semakin kecil dan dapat dinihilkan.

Baca Juga :  Wagub Audy Motivasi Lulusan Politeknik LP3I Padang untuk Terus Pacu Kompetensi diri

“Sekecil apa pun keuangan itu, pencatatannya harus jelas. Apa pekerjaannya, bagaimana pekerjaannya, berapa pekerjaannya, mana bukti pekerjaan keuangannya, semua itu harus jelas,” ucap Gubernur di hadapan 32 peserta yang akan mengikuti pelatihan hingga 7 Juni 2024 mendatang.

Turut hadir mendampingi Gubernur saat membuka kegiatan tersebut, Kepala DPKAD Sumbar, Rosail Akhyar; Kepala BKD Sumbar, Ahmad Zakri; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; Sekretaris BPSDM Sumbar, Widya Sari; jajaran Widyaiswara Pemprov Sumbar, dan pejabat lainnya. Sebelum membuka pelatihan, Gubernur lebih dulu memberi arahan dalam apel rutin di Halaman Kantor BPSDM Sumbar. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Dubes Fadjroel Rachman Resmikan Kejuaraan Pencak Silat Kazakhstan 2022

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Siapkan Hadiah Umrah bagi Nelayan Pengumpul Sampah Terbanyak di Pantai Padang

Eksekutif

Tanam Bibit Cemara di Pantai Purus Padang, Ini ALasan Sumbar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HKBN 2024

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peran Orang Tua untuk Tumbuh Kembang Anak

Eksekutif

Gubernur Sumbar Mahyeldi subuh mubarakah di masjid Ilham Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan

Eksekutif

Dirum Ikut Mengisi IKD Bersama Tim Disdukcapil Kota Padang di Perumda Air Minum Kota Padang

Eksekutif

Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR ke-78, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Soal Ketelitian dalam Penggunaan Anggaran untuk Pembangunan

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Hadiri Pelantikan Rektor Baru Universitas Metamedia