Home / Eksekutif / Opini / Parpol

Sabtu, 23 September 2023 - 20:15 WIB

Gubernur Mahyeldi Bakar Semangat Masyarakat Kota Dumai Melalui Kisah Inspiratif Dirinya

Wawan - Penulis

DUMAI — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah membakar semangat para alumni SMP N 1 Kota Dumai untuk lebih peduli terhadap generasi penerus. Hal tersebut disampaikannya, saat melantik Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMP 1 Dumai Masa Bakti 2023—2028 di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Kota Dumai, Provinsi Riau. Sabtu (23/9/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi sempat mengenang masa lalunya sewaktu berstatus sebagai siswa di SMP N 1 Kota Dumai. Dijelaskannya, dirinya dulu sangat akrab dengan keterbatasan, sebab saat itu ayahnya bekerja sebagai seorang tukang becak di salah satu pasar Kota Dumai. Tapi lingkungan begitu peduli dengannya, sehingga secara mental ia tidak pernah rapuh dan menyerah.

“Dulu, saya tidak pernah membayangkan, saya akan jadi Gubernur. Karena dulu orang tua saya disini adalah tukang becak, kami penuh dengan keterbatasan. Tapi berkat bimbingan dan kepedulian banyak pihak saya menjadi anak yang penuh semangat dan pantang menyerah, sekarang anak tukang becak itu bisa jadi Gubernur,” ungkap Mahyeldi yang sontak mengundang riuh tepuk tangan tamu yang hadir.

Mahyeldi menyambungnya dengan mengatakan, kita tentu ingin dari SMP N 1 Kota Dumai ini akan kembali lahir Mahyeldi-Mahyeldi baru, Presiden Indonesia masa depan, Wali Kota dan Bupati masa depan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Bakal Kunker ke Sumbar

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Asalkan, kepedulian dan dukungan dari seluruh pihak bisa dimaksimalkan,” tukuk Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, alumni itu punya banyak kelebihan, mereka punya jaringan, punya pengalaman dan dari segi jumlah mereka relatif banyak sehingga sangat berpotensi untuk dilibatkan dalam pengembangan sekolah. Karena harus diakui, pemerintah tentu memiliki keterbatasan anggaran dan kewenangan.

“Kolaborasi dan sinergitas antara pihak sekolah dan alumni itu mesti terbangun, sehingga alumni bisa menjadi kekuatan kedua setelah pemerintah bagi pihak sekolah untuk menerobos keterbatasan kewenangan,” kata Mahyeldi.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus IKA SMP N 1 Kota Dumai yang baru terpilih, ia berharap semoga bisa menjadi solusi untuk pengembangan sekolah kedepan. “Selamat kepada pengurus yang telah terpilih, semoga sukses dalam menjaga amanah,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Berdasarkan SK No. 08/MUBES/IKA SMPN 1 DMI/VI/2023, Mubes Ika SMPN 1 tanggal 4 Juni 2023, posisi Ketua Umum dipercayakan kepada Yulian Norwis dan posisi Dewan Pelindung dipercayakan kepada H Mahyeldi Ansharullah, SP.

Sebelumnya pada awal kegiatan, Eko Wardoyo selaku ketua panitia mengatakan, penunjukan Mahyeldi sebagai Dewan Pelindung sekaligus diminta untuk melantik Pengurus IKA SMP N 1 Kota Dumai merupakan hasil kesepakatan bersama setelah mempertimbangkan banyak hal.

Baca Juga :  JEBAKAN PENINGKATAN PRODUKSI

Diungkapkannya, Alumni menilai Mahyeldi bisa menjadi sosok inspiratif bagi siswa dan siswi di SMP N 1 Kota Dumai, meskipun penuh dengan keterbatasan. Tapi semua itu, tidak menjadi penghalang baginya untuk tetap tumbuh dan berhasil.

“Kisah perjuangan hidupnya ini, kita harapkan bisa menjadi inspirasi bagi para siswa dan siswi yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di SMP N 1 Kota Dumai,” ungkap Eko Wardoyo.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni SMPN 1 Kota Dumai, Yulian Norwis mengajak para alumni untuk terus meningkatkan perhatian dan kontribusinya, baik bagi sekolah almamaternya maupun bagi pembangunan Kota Dumai secara umum.

“Harapan kami, melalui wadah ini kekompakan dan silaturahmi kita menjadi semakin erat, sehingga dapat semakin bermanfaat baik untuk sekolah maupun bagi Kota Dumai,” kata Yulian Norwis.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Dumai, Paisal dalam sambutannya menyampaikannya niatannya untuk meningkatkan sarana-prasarana di SMP N 1 Kota Dumai. “SMPN 1 Pattimura, dalam waktu dekat akan kita tambah tingkat bangunannya, untuk ruang aula dan penambahan kelas,” pungkas Paisal.

Hadir mendampingi Gubernur Mahyeldi dalam kesempatan tersebut; Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Sumbar, Mursalim; Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumbar, Al Amin. (adpsb/ H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Opini

Fraksi PKB Jombang Adakan Workshop Sosial Dalam Membangun Hubungan Sosial Masyarakat di Tahun Politik

Eksekutif

Ketua PKK Sumbar Harneli Mahyeldi Ingatkan Istri Kepala Daerah Soal Penanganan Stunting

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kelompok Kerja Bayang Bungo Indah Ciptakan Usaha Sirup Buah Pala

Eksekutif

Sumbar sebagai Pelopor Ekonomi Syari’ah, Wapres Ma’ruf Amin : Tidak Sulit untuk Jadi Produsen Halal Dunia

Eksekutif

Perumda Air Minum Kota Padang Salurkan Bantuan Air ke Warga Terdampak Banjir

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Bersama Irjen Kemendikbudristek Melepas Mahasiswayang Akan Menjalankan Tugas KKN

Eksekutif

KPK Puji Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pelaporan LHKPN
Wali Kota Padang serahkan secara simbolis bantuan hewan kurban dari Perumda Air Minum ke pengurus masjid dan musala

Eksekutif

Idul Adha 1444 Hijriah, Perumda Air Minum Kota Padang Serahkan Hewan Kurban 49 Ekor Sapi dan 24 Ekor Kambing