Home / Eksekutif / Komunitas / Legislator / Opini

Selasa, 20 Juni 2023 - 05:18 WIB

Gubernur Mahyeldi ajak Bundo Kanduang Tingkatkan Peran Lestarikan ABS-SBK

Wawan - Penulis

Padang- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menegaskan implementasi Falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) seharusnya menjadi bahagian dari karakter seluruh masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Ia menilai, saat ini implementasi itu mulai memudar, terutama dikalangan generasi muda.

“Sebagai masyarakat minangkabau, falsafah ABS-SBK harusnya telah menjadi karakter dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya saat ini, itu mulai jauh terutama pada generasi muda,” tegas Gubernur Mahyeldi saat membuka bimbingan teknis penguatan adat dan budaya Minangkabau bagi Bundo Kanduang di Padang. Senin (19/06/2023).

Baca Juga :  Kawasan Permukiman Kumuh di Kota Ambon Mulai Direvitalisasi Jadi Lebih Bersih dan Cantik

Gubernur mengakui, tantangan dalam implementasi ABS-SBK dewasa ini menjadi semakin berat, maraknya praktek perilaku menyimpang dalam pergaulan generasi muda dewasa ini menjadi salah satu penyebabnya, seperti LGBT dan Narkoba merupakan salah satu bukti, mulai pudarnya falsafah ABS-SBK dalam jiwa generasi muda Sumbar.

Menurutnya, untuk mengatasi persoalan tersebut dibutuhkan upaya bersama dari seluruh pihak, termasuk Bundo Kanduang.

“Perlu upaya bersama, untuk meningkatkan implementasi ABS-SBK pada generasi muda,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar, Syaifullah menyebut upaya peningkatan implementasi ABS-SBK pada generasi muda mesti dilakukan secara intensif dan menyeluruh, mulai dari tatanan keluarga sampai ketingkat pemerintahan melalu kebijakan dan regulasi.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Menyebut KORMI Berupaya Menjadikan Masyarakat Sumbar Lebih Sehat, Bugar dan Produktif dengan Berolahraga

“Penguatan karakter generasi muda, tidak bisa jika hanya dilakukan oleh pemerintah, perlu dukungan dari lingkungan keluarga dan tokoh adat,” sebut Syaifullah

Diharapkannya, melalui bimbingan teknis ini para Bundo Kanduang dapat lebih memahami permasalahan dan bisa mengambil peran lebih untuk mengatasinya. (adpsb / H )

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Fokus Tekan Stunting di Mentawai, Gubernur Mahyeldi : Kesehatan AnakĀ  Investasi Tak Ternilai bagi Bangsa

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Harap Hubungan Prov Sumbar dan Riau Semakin Erat, Pasca Resminya Gubernur Riau Menjadi Keluarga Suku Chaniago

Legislator

PARTAI PENDUKUNG GANJAR KOTA CIREBON GELAR RAPAT TERTUTUP, EEN: BAHAS DAPUR PEMENANGAN GANJAR

Opini

Adil dan Ihsan

Opini

Hentikan Dukungan Kepada Mafia Kartel Pangan

Eksekutif

Tingkatkan Kualitas Kinerja Pelayanan Pimpinan Daerah, Biro Adpim Sumbar Gelar Capacity Building

Komunitas

Pengiat Sosial Hadiri Reses Bersama Senator Asal Sumsel

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Sejumlah OPD Dukung Program Perhutanan Sosial di Sumbar
Hubungi Redaksi Disini