Home / Komunitas / Parpol / Rilis

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 12:58 WIB

Elektabilitas PKS Mengungguli Gerindra Disumatra Barat

Wawan - Penulis

SBLF Myriset Konsultan Indonesia melaksanakan survei tentang karakter pemilih dan pilihan masyarakat menjelang pemilu 2024 di Sumatera Barat. Survei ini mengambil sampling 800 responden pada waktu 28 Mei – 2 Juni 2023, metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka. Margin of error +/- 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei tersebut dengan raihan PKS unggul dengan elektabilitas 24.31%, gerindra 21.95%, Golkar 10.35%, Nasdem 8.45%, Demokrat 8.35% dan seterusnya.

Baca Juga :  *Sumbar Bangga Punya Warisan Dunia, Gubernur Mahyeldi Serukan Pentingnya Merawat dan Memaksimalkan WTBOS untuk Masyarakat*

Menurut Direktur SBLF Myriset Edo Andrefson, survei elektabilitas partai politik ini mengukur trend tingkat keterpilihan. Dari hasil tersebut posisi PKS memuncaki dan bersaing ketat dengan Gerindra. Kedua partai ini sama menguasai eksekutif dan legislatif dengan PKS menjadi Gubernur Sumatera barat dan Gerindra menjadi pemenang legislatif menjadi Ketua DPRD Sumbar. Di pemilu 2019 lalu kedua partai sebagai pengusung Prabowo mendapatkan Coattail Effect terutama Gerindra sebagai capres usungannya Prabowo. Dengan hasil ini menjadi hal sudah diduga, persaingan kedua partai akan sengit di pemilu 2024 nanti.

Baca Juga :  Ketua DPC Demokrat Prabumulih, Bantu Persalinan Korban Rudapaksa

Selanjutnya partai papan tengah yakni Golkar, nasdem, demokrat dan PAN mendapatkan elektabilitas parpol 7-10%. Untuk demokrat dan PAN menjadi pemenang ketiga dan keempat di pemilu 2019 lalu. Nasdem dan Golkar pada pemilu 2019 mendapatkan efek dukungan capres jokowi namun pada hasil pemilu ini merangsek naik. Apalagi untuk Nasdem pada usungan capres mendukung Anies Baswedan. ( ** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 133 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Ganjar Bernyanyi Bersama Putri Ariani, Meriahkan Konser Musik Langit Berdendang

Rilis

Siap Maju Pilwali, Imam Senen: Insya Allah Jika Allah Menghendaki

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet: Konstitusi Harus Mampu Menjawab Tantangan dan Dinamika Zaman

Eksekutif

Sumbar Kembali Jadi Nominator IGA Kemendagri 2023, Gubernur Mahyeldi Paparkan Inovasi Masuk Surga dan LIHAI

Rilis

Dua Tunjangan PNS Ini Dicairkan Presiden Jokowi

Rilis

Diduga Lecehkan Sesama Profesi, Puluhan Wartawan Geruduk Kantor Media Harian Banyuasin

Komunitas

Badan Pengurus IMAPI Kupang Resmi Dilantik

Legislator

Datangi Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kukuhkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sosialisasi 4 Pilar