Home / Eksekutif / Opini / Rilis / Tokoh

Kamis, 12 Oktober 2023 - 06:26 WIB

Dunia Pendidikan Sumbar Kian Mentereng, Gubernur Mahyeldi Apresiasi 50 Siswa Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional

Wawan - Penulis

PADANG—Dunia pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) kian mentereng di bawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi Ansharullah. Berkat ragam prestasi yang diraih, Gubernur menyerahkan piagam penghargaan bagi 50 siswa berprestasi tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, SMK, dan SLB, yang berhasil mengharumkan nama Sumbar dan Indonesia di berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

“Prestasi yang diraih ini adalah bukti bahwa anak-anak Sumbar mampu bersaing dan mampun menjadi yang terbaik di tingkat nasional hingga internasional,” ucap Gubernur di hadapan 50 Siswa Sumbar yang berhasil meraih prestasi pada kompetisi yang dikelola oleh Kemendikbud, Kemenpora, dan Kemenag sepanjang tahun 2023, Rabu (11/10/2023).

Mahyeldi juga mengatakan, prestasi yang diraih juga membuktikan bahwa 50 siswa tersebut bukan generasi sembarangan, melainkan generasi spesial yang menuai prestasi sebagai buah dari komitmen, kerja keras, dan kerja sama yang baik antar siswa, guru, dan orang tua. Serta, kembali menegaskan bahwa Sumbar adalah lumbung bagi kelahiran generasi muda terbaik bagi bangsa.

“Sejarah telah mencatat, putra-putri Sumbar di masa lalu adalah para pejuang, pendiri, proklamator, dan penyelamat bagi bangsa ini. Tradisi tokoh bangsa ini yang harus ananda sekalian lanjutkan. Terus belajar dan mengukir prestasi. Serta, kepada orang tua dan guru, mari terus mempersiapkan anak-anak kita. Sebab, ada tiga rumah yang sangat menentukan generasi kita, yaitu Rumah Tangga, Rumah Sekolah, dan Rumah Ibadah,” ucap Gubernur lagi.

Baca Juga :  Wagub Audy Tutup Gelaran MTQ Provinsi ke-40 di Solsel, Fokus Beralih ke MTQ Nasional di Kaltim Tahun Depan

Pemprov Sumbar, sambung Mahyeldi, juga terus mengoptimalkan penganggaran untuk sektor pendidikan, di mana saat ini lebih dari 30 persen APBD Sumbar diperuntukkan bagi sektor tersebut. Itu belum termasuk alokasi beasiswa dari Baznas Sumbar yang mencapai Rp12,5 miliar per tahun, beasiswa Baznas Kabupaten/Kota, serta berbagai jenis beasiswa lain dari pemerintahan mau pun swasta.

“Oleh karena itu, mestinya tidak ada alasan lagi bagi siswa kita untuk fokus belajar dan meraih prestasi. Ayo tempa diri ananda sekalian, sebab kalian adalah calon pemimpin, yang akan memimpin bangsa ini di masa yang datang, serta mewujudkan visi Indonesia Emas sebagai satu dari empat negara terbesar di dunia pada tahun 2024,” ucap Gubernur mengakhiri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius menerangkan, bahwa 50 siswa yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemprov Sumbar tersebut berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumbar. Para siswa dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas itu berhasil meraih prestasi di berbagai ajang dan kompetisi tingkat nasional dan internasional.

“Di antaranya, ada para peraih medali di ajang O2SN, OSN, FLS2N, Fiksi, KSM, hingga ajang internasional Astro Physic di Polandia, di mana salah satu siswa asal Sumbar berhasil mengibarkan Merah Putih di sana. Selain itu, juga diserahkan penghargaan bagi siswa kita yang menjadi anggota Paskibraka saat Upacara 17 Agustus lalu di Istana Negara, serta perwakilan siswa tingkat SMP yang akan berlaga pada turnamen Sepakbola antar SMP tingkat nasional,” ucap Barlius.

Baca Juga :  Sekda Hansastri, Puji Capaian Pasaman Barat dalam UHC, Pendidikan, dan Infrastruktur

Barlius menyebutkan, di bawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi, terjadi perbaikan peringkat yang sangat signifikan di berbagai ajang. Seperti pada pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN), Sumbar pada tahun meraih peringkat ke-9, naik dari tahun lalu di mana Sumbar berada di peringkat ke-16. “Lalu pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), tahun ini Sumbar peringkat ke-7, naik dari tahun sebelumnya peringkat ke-17,” ucap Barlius lagi.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Sumbar juga menerima bantuan program pendidikan tahap I tahun 2023 dari Baznas Sumbar senilai Rp5.395.000.000, yang ditujukan bagi 5.395 siswa tingkat SMA/SMK/SLB se-Sumbar. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua Baznas Sumbar, Buchari, kepada Gubernur Sumbar, yang kemudian menyerahkan pula secara simbolis kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar. (adpsb / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 63 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Perintahkan Dinkes Sumbar Bentuk Tim Penguatan Layanan Kesehatan Pemilu 2024

Rilis

Lanjutkan PTM Terbatas, Pemerintah Pakai Strategi Surveilans

Eksekutif

Didampingi Gubernur Mahyeldi, Presiden Cek Stok Bulog Sumbar dan Salurkan BLT bagi Warga Terdampak El Nino

Eksekutif

Lebih Dekat dengan Korban Bencana, Gubernur Mahyeldi Pilih Berkantor di Bukittinggi

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Komitmen PT. Pegadaian dan Forsepsi dalam Menjaga Lingkungan lewat Pengelolaan Sampah

Rilis

Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan Menjelang PON XX, BNPB Laksanakan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat di Papua

Rilis

Membludak, Ribuan Masyarakat Banyuasin padati Lapangan Megah Asri Sukajadi

Rilis

Ka Disdukcapil Datangi Kantor PWI Banyuasin