Home / Komunitas / Rilis

Selasa, 20 Juni 2023 - 07:09 WIB

DPC GMNI Lubuklinggau Peringati Kisah Bung Karno Singgah di Surulangun Rawas

KM - Penulis

LUBUKLINGGAU– Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Lubuklinggau dan Muaratara mengadakan kegiatan Napak Tilas Persinggahan sang Proklamator RI, Bung Karno di Surulangun Rawas pada tahun 1942 silam.

Kegiatan yang mengusung tema Bersatunya Front Marhaenis di Bumi Silampari tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Seluruh rangkaian acara berlangsung hikmat dengan diawali upacara lalu dilanjutkan diskusi Napak Tilas Pisau Analisis Bung Karno dalam Proses Penggagasan Pancasila yang dibawakan oleh narasumber dari DPD Persatuan Alumni (PA) GMNI Provinsi Sumatera Selatan Hasanuddin Ar yang didampingi oleh Camat Rawas Ulu M. Yusnadi.

Ketua DPC GMNI Lubuklinggau, Exley Pradika

Ketua DPC GMNI Lubuklinggau Exley Pradika mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai perjuangan dan sejarah yang telah diwarisi oleh para pendiri bangsa.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja ke Bali, Presiden Akan Tinjau Penanaman Mangrove hingga Venue G20

“Karena Bung Karno ini bukan milik satu pihak tapi bapak bangsa sehingga terwujudnya bangsa yang besar dan semoga kita semua dapat mengimplementasikan jasa pahlawan dan cita-cita positifnya. Yang lebih terpenting sama-sama kita bangung kesadaran bahwa jangan pernah kita melupakan jasa pahlawan Indonesia”, kata Exley.

Baca Juga :  Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pemenuhan Hak bagi Difabel

Selain dari itu akhir dari acara seluruh kader gmni bersama Alumni gmni Musirawas Lubuklinggau dan Musirawas Utara Melakukan Renungan suci di makam pahlawan mendoakan bung karno beserta pahlawan indonesia.

Exley berharap agar kedepan momentum ini dapat diperingati sebagai peristiwa bersejarah dan ditetapkan titik persinggahan Bung Karno di Surulangun Rawas Ulu.

Selain kehadiran anggota dan kader GMNI, hadir pula tokoh agama dan tokoh masyarakat Pasar Surulangun, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Demokrat Indonesia serta Perwakilan Pemuda karang taruna Pasar Surulangun.

 

 

 

 

Berita ini 44 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet Serahkan Trophy Juara World Superbike Mandalika 2023, Bautista Juara, Toprak Urutan Kedua

Eksekutif

Rapat Forum Satpol PP dan Damkar se-Sumbar, Gubernur Mahyeldi : Aturan Ditegakkan agar Hak Masyarakat Terpenuhi

Eksekutif

Bakar Semangat Mahasiswa Baru UBH, Gubernur Mahyeldi : Jadilah Bung Hatta Baru

Eksekutif

Bandar Udara Mentawai Tunggu Sertifikasi, Gubernur Sumbar Intensifkan Komunikasi dengan Maskapai dan Pemerintah Australia

Komunitas

Bamsoet Bersama GERAK BS dan IMI Berikan Santunan Anak Yatim Lintas Agama

Komunitas

Magang Mahasiswa STEI Ar Risalah Sumbar Di Tutup

Rilis

Konsolidasi Pemuda Pancasila, Bamsoet Sambangi MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, Dukung Pelaksanaan Apel Siaga Kesetiaan Pancasila

Legislator

Ansy Lema Bacakan Pendapat Fraksi PDI Perjuangan tentang RUU KSDAHE dalam Rapat Paripurna
Hubungi Redaksi Disini