Home / Eksekutif

Jumat, 19 April 2024 - 08:33 WIB

Direktur Air Minum Kementerian PUPR Tinjau Instalasi Pengolahan Air Minum Gunung Pangilun

Wawan - Penulis

PADANG, РDirektur Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Anang Muchlis,  PSDA bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sumatera Barat, Maria Doeni Isa, melakukan kunjungan kerja dengan meninjau langsung Instalasi Pengolahan Air kapasitas 500 l/d milik Perumda Air Minum Kota Padang di Gunung Pangilun. Kunjungan kerja ini terkait usulan Rehabilitasi IPA Gunung Pangilun akibat gempa tahun 2009 silam (18/4/24).

Kehadiran Direktur Air Minum Kementerian PUPR bersama Kepala BPPW Prov. Sumbar dan rombongan ini, diterima langsung oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal, didampingi Direktur Teknik, Andri Satria, dan Manager Produksi Redy Fikarlo, serta Manager Perencanaan Dessy Trianita.

Sebelum melaksanakan kunjungan ke lokasi Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) Gunung Pangilun, seluruh rombongan terlebih dahulu melaksanakan Rapat Koordinasi terkait pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga :  Sejumlah Infrastruktur Rusak Akibat Bencana, Gubernur Harap Perbaikan Bisa Dibantu Organisasi Bulan Sabit Merah

Seperti diketahui, pasca gempa tahun 2009 lalu, IPA Gunung Pangilun merupakan salah satu IPA milik Perumda Air Minum Kota Padang yang mengalami dampak cukup parah. Hingga saat ini perbaikan infrastuktur pada IPA belum bisa dilakukan secara optimal, mengingat IPA Gunung Pangilun yang berkapasitas 500 l/d ini merupakan penyuplai utama air bersih untuk kawasan Pusat Kota Padang. Ada sekitar 39 ribu pelanggan yang akan terdampak jika perbaikan dilakukan secara menyeluruh.

Dengan hadirnya Direktur Air Minum Kementerian PUPR bersama Kepala BPPW di IPA Gunung Pangilun hari ini, semoga bisa mempercepat proses rehabilitasi yang telah diusulkan. Selain usulan rehab IPA Gunung Pangilun, Perumda Air Minum Kota Padang melalui Direktur Air Minum Kementrian PUPR juga meminta perkuatan untuk peningkatan tambahan kapasitas Water Treatment Plant (WTP) untuk daerah Utara Kota Padang, salah satunya Taban 3, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat Kota Padang, khususnya kecamatan Koto Tangah.

Baca Juga :  HUT ke 74 Satpol PP dan HUT Linmas ke 62, Gubernur Mahyeldi Terima Penghargaan Katua Bhakti Peduli Satpol PP

Didampingi Direktur Utama dan Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Padang, Direktur Air Minum Kementerian PUPR beserta rombongan diajak berkeliling ke area IPA Gunung Pangilun termasuk meninjau langsung ruang pengolahan, accelator, ruang genset dan ruang pengoperasian SCADA untuk menjelaskan bagaimana aplikasi tersebut bekerja secara real time terpantau pada layar monitor untuk menjelaskan serta melihat langsung perbandingan kualitas air yang dihasilkan sebelum dan sesudah melalui beberapa proses filtrasi dan lain-lainnya lengkap dengan sampel air baku dan air yang sudah siap untuk di distribusikan.( ** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Indonesia Juara Satu Touch Rugby dalam Rangka ASEAN Day di Kazakhstan

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Instruksikan ASN Pemprov Sumbar Himpun Infak dan Sedekah untuk Warga Palestina

Eksekutif

Apel Perdana Pascalebaran, Sekda Minta Seluruh Pegawai Pemprov Sumbar Berikan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Serahkan  Bantuan RTLH senilai Rp 25 Juta, Kepada Jalizal Warga Taluak Ampek Suku, Banuhampu

Eksekutif

Peringatan 55 tahun ASEAN di KBRI Nur-Sultan, Dubes Fadjroel Dorong Kolaborasi Kawasan

Eksekutif

Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Bencana, Pemprov Sumbar Operasionalkan Tiga Dapur Umum

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Sinkronisasi Pembangunan Nagari agar Berdampak Maksimal bagi Masyarakat

Eksekutif

Green Manueke : Menteri Desa PDTT Upacara di Miangas,Bukti Pemerintah Pusat perhatikan Daerah Perbatasan