Home / Pemilihan

Kamis, 14 September 2023 - 11:13 WIB

Bupati Sragen : Deklarasi Damai Pilkades Bukan Hanya Seremonial

Ady GMPK - Penulis

Penandatanganan deklarasi damai Pilkades serentak 2023

Penandatanganan deklarasi damai Pilkades serentak 2023

Sragen – PoliticNews : Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, bersama Forkopimda, menyaksikan 28 calon Kepala Desa dari 10 Desa dan 8 Kecamatan se-Kabupaten Sragen menandatangani Deklarasi Damai di Balai Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo (13/9).

“Ketika ada pemilihan, tentu akan ada perbedaan pendapat dan pilihan. Namun, saya ingatkan agar tidak ada tindakan arogan atau intimidatif. Kita harus menjaga kerukunan di antara pendukung calon kades dan tim pemenangan,” tegas Yuni dalam pengarahannya.

Yuni menambahkan, deklarasi damai Pilkades serentak kedua 2023 ini mencerminkan tekad para calon Kepala Desa untuk memastikan bahwa Pilkades berjalan dengan lancar, adil, dan sesuai aturan. Deklarasi ini bukan hanya seremonial, tetapi juga merupakan komitmen nyata para calon kepala desa dan semua pihak yang terlibat dalam proses pemilihan.

Baca Juga :  Habib Abu Bakar,Sekjen Bakar semangat Kader PKS

Bupati menekankan bahwa tujuan menjadi Kepala Desa seharusnya adalah untuk membangun desa, bukan hanya demi kekuasaan semata. Dia juga menyoroti pentingnya bersaing dengan cara yang sehat dan santun untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil, dan rahasia. pemimpin desa yang baik harus memiliki hati yang lapang, niat yang tulus, dan tekad yang kuat untuk memajukan desa.

Selain itu, Bupati Yuni berharap bahwa Pilkades serentak kedua ini akan menjadi tolak ukur bagi tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. Ia mengingatkan bahwa perwujudan kebahagiaan masyarakat desa terletak pada proses pemilihan pemimpin mereka untuk periode 6 tahun ke depan.

Baca Juga :  Budi Setiawan: Cakades Taja Mulya Layangkan Sanggahan.

Sementara itu, Zubaidi, Anis Nugroho, Supardiyanto, dan Hartana Calon Kepala Desa Jambean, telah menyatakan komitmen mereka untuk melaksanakan pemilihan kepala desa dengan damai. Mereka berjanji untuk memprioritaskan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat di atas segalanya.

“Panitia pemilihan harus menjaga netralitas, profesionalisme, dan kondusifitas. Meskipun seseorang memiliki hak pilih dan mendukung calon tertentu, panitia harus tetap memastikan proses berjalan dengan baik, karena salah satu kunci sukses Pilkades terletak pada panitia pemilihan,” tambah Bupati. (RL/A)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Pemilihan

Bacabup KH Syaepudin: Bangun Lebak dengan Akhlakul Karimah

Eksekutif

RATUSAN WARGA NAHDLIYIN CIBURAYUT HADIR DALAM ACARA SAPUJAGAD

Pemilihan

Bagus Muhaimin Labusel Dukung Muhaimin Iskandar Menjadi Presiden 2024

Parpol

Harneli , Mulyadi Muslim dan Sejumlah Tokoh PKS Mengawali Masa Kampanye Dengan Menanam 15000 Pohon

Komunitas

Kunjungi Jember, Cawapres Mahfud MD Dialog Interaktif Bersama Santri dan Alumni PP Nurul Qarnain

Legislator

Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno, DPW PKS Sumatera Barat Memasuki Babak Final

Parpol

DPW PKS Sumatra Barat Melaksanakan Kurban dengan Ramah Lingkungan

Eksekutif

Menteri Desa  Kampanye Calon Pesiden di Kampus dan Rakornas Trasmigrasi