Home / Eksekutif

Rabu, 8 Mei 2024 - 22:03 WIB

Buku Dari Surau untuk Indonesia, Diapresiasi Gubernur Mahyeldi sebagai Penegas Identitas Warga Minangkabau

Wawan - Penulis

TANAH DATAR, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi peluncuran buku ‘Dari Surau untuk Indonesia’, yang dinilai semakin menegaskan posisi surau sebagai identitas budaya dan agama dalam kehidupan warga Minangkabau. Apresiasi itu disampaikan Gubernur saat menjadi pembicara pada acara dialog dan peluncuran buku tersebut di Kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Rabu (08/05/2024).

“Buku ini akan menjadi salah satu karya yang monumental. Sebab, kita sadari bahwa posisi surau dalam kehidupan di Minangkabau tak terlalu banyak dijelaskan dalam bentuk buku,” ucap Gubernur mengawali komentarnya untuk buku yang ditulis oleh Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus, Dr. Sirajul Munir tersebut.

Baca Juga :  Safari Ramadhan Spesial di Kota Solok, Gubernur Mahyeldi dan Wagub Audy Dijamu Berbuka Puasa oleh Wako dan Wawako

Gubernur menegaskan, kehadiran surau telah begitu lekat dan begitu dekat dengan kehidupan masyarakat di Sumbar. Bahkan, Sumbar memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nagari yang juga dikenal dengan Perda Babaliak ka Surau. “Artinya, nagari dan surau adalah suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Bagaikan aur dengan tebing,” ujar Gubernur lagi.

Selain menjadi tempat untuk beribadah, kata Gubernur, surau juga menjadi tempat untuk melaksanakan berbagai aktivitas pembangunan mental dan spiritual, terutama sekali bagi generasi muda Minangkabau. Cara memposisikan surau dalam kehidupan tersebut, juga merupakan wujud peingmplementasian ajaran Nabi Muhammad SAW, dalam memposisikan masjid untuk berbagai kegiatan.

Baca Juga :  Buka Kejora Smanla Cup I, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Membangun Jiwa dan Raga Pelajar Sumbar

“Sayangnya, akhir-akhir ini budaya surau agak tergerus. Ini yang harus kita bangkitkan kembali. Terutama sekali untuk membangun mental dan fisik anak-anak kita,” ucapnya lagi.

Turut hadir sebagai pembicara dalam dialog tersebut, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Prof. Duski Samad, serta Penulis Buku Dari Surau untuk Indonesia, Dr. Sirajul Munir. Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi turut didampingi Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar Mursalim serta Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Edi Dharma. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah

Eksekutif

Gubernur Sumbar ingatkan pejabat baru secepatnya pahami tupoksi

Eksekutif

Hadiri Sosialisasi Pemilu 2024, Sekda Hansastri Imbau Masyarakat Sumbar Manfaatkan Hak Pilih

Eksekutif

Pengakuan Status Hutan Adat Segera Diajukan, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Komitmen Masyarakat Hukum Adat Mangkuto Alam Tinggam dalam Melestarikan Kawasan Hutan

Eksekutif

Gubernur Sumbar Lakukan Peletakan Batu Pertama Jembatan Api Api Nagari Simalanggang

Eksekutif

BRI Astana Menggelar Open House Idul Fitri di Wisma Indonesia

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Terima Lencana Serta Piagam Satya Bakti Inovasi Dari Kemendes .

Eksekutif

Pertemuan Gubernur Mahyeldi dan Kepala BMKG, Masyarakat Sumbar Diminta Jauhi Zona Merah Banjir-Longsor

Eksekutif

Ketum DPN BKNDI: Harus Ada Kebijakan Taktis Selamatkan Desa Dimasa Pandemik