Home / Eksekutif / Rilis

Rabu, 22 November 2023 - 09:11 WIB

Buka Musda HPJI Sumbar, Gubernur Mahyeldi Berharap Inovasi dalam Pembangunan Jalan Dapat Menjawab Kebutuhan Zaman

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berharap agar pembangunan infrastruktur jalan di Sumbar mengedepankan inovasi, sehingga dapat menjawab kebutuhan zaman yang bergulir begitu cepat. Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Rapat Umum Daerah (RUD) VI Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang, Selasa (21/11/2023).

“Menyikapi laju perubahan zaman yang semakin cepat, tentu kita berharap agar HPJI dapat terus berinovasi dalam melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Contohnya, terkait dengan perbaikan jalan, di mana setelah jalan dikikis, kemudian ada rentang waktu pembiaran yang cukup lama yang menyebabkan kemacetan panjang,” kata Gubernur Mahyeldi.

Dalam RUD HPJI yang mengusung tema Inovasi Penanganan Tebing dan Lereng yang Efisien dan Kokoh’ tersebut, Gubernur menegaskan bahwa infrastruktur memiliki peran penting dalam merangsang pertumbuhan ekonomi. Terlebih, Sumbar merupakan salah satu lokomotif pertanian nasional.

Baca Juga :  Golkar Dipastikan Kembali Jadi Pemenang Pemilu 2024 Dikota Lubuklinggau

“Sehingga, terkait kelancaran jalur distribusi hasil pertanian, tentu harus menjadi prioritas. Artinya, kita menginginkan agar progres pembangunan ruas jalan strategis dan merupakan jalur penghubung antar wilayah perbatasan itu berjalan dengan baik,” ucapnya lagi.

Gubernur juga menyebutkan, bahwa salah satu permasalahan utama pembangunan jalan di daerah adalah keterbatasan anggaran. Sebab, pembangunan infrastruktur pada umumnya memang membutuhkan pembiayaan yang tinggi, termasuk untuk menuntaskan masalah pembebasan lahan.

“Kita berharap, agar RUD HPJI ini dapat melahirkan pemikiran dan masukan-masukan yang baik bagi pemerintah dalam pembangunan jalan ke depan. Semoga, HPJI ke depan terus berkiprah di daerah, dan menyesuaikan diri dengan perkembangan serta kemajuan teknologi, kompentensi personal, serta inovasi dan kondisi sosial ekonomi di Provinsi Sumbar,” ucap Gubernur menutup.

Baca Juga :  Nakes Gerald Sokoy yang Disandera KKB Teroris Dibebaskan

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (PUPR) Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan, HPJI merupakan salah satu organisasi strategis di Indonesia, yang memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan negeri, sekaligus mendapat mandat dalam melaksanakan program sertifikasi jalan dan jembatan.

“Oleh karena itu, Pengurus HPJI Sumbar tentu harus meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan sesama anggota maupun organisasi profesi dan keahlian di bidang di pemerintahan, sehingga semua program yang dijalankan oleh organisasi ini dapat disinergikan,”ucapnya. (adpsb/** / H )

Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Laporkan Sejumlah Hal, Gubernur Mahyeldi Surati Presiden RI, Joko Widodo

Eksekutif

Harneli Mahyeldi , dengan Mengkomsusmsi Ikan , Meningkatkan Kesehatan Dan Mengurani Stanting.

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tumbuh Kembangkan UMKM Indonesia

Komunitas

Relawan Gerakan Pemenangan Ganjar Pranowo (GPGP) Luaskan Jaringan ke Lampung Dengan Deklarasikan Dukungan Pada Ganjar Pranowo Bersama Puluhan Organ Relawan se-Lampung.

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Jalan Penghubung Akabiluru – Tilatang Kamang

Opini

KEHADIRAN PEMIMPIN DITENGAH BENCANA DAN KETAATAN PADA PERINTAH ALLAH SWT

Eksekutif

Sumbar Creatifest 2023, Bentuk Nyata Keberpihakan Pemprov dan BI untuk Sektor UMKM Lokal

Eksekutif

Buka Rakor KDEKS Sumbar 2023, Gubernur Mahyeldi : Sumbar Terdepan Menuju Pusat Industri Halal
Hubungi Redaksi Disini