Home / Eksekutif

Selasa, 25 Juni 2024 - 06:12 WIB

Buka MTQ Sijunjung ke 41, Gubernur Mahyeldi : Semoga Lahir Banyak Darizal Baru

Wawan - Penulis

SIJUNJUNG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, membuka secara resmi gelaran MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Senin (24/06/2024). Gubernur berharap, ajang tersebut akan melahirkan qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Sumbar pada ajang serupa di tingkat nasional hingga internasional.

“Acara pembukaan kali ini juga dihadiri oleh Saudara Dasrizal, qori asal Sijunjung yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai MTQ Internasional di Malaysia dan Kuwait. Kita berharap MTQ Nasional tingkat Kabupaten Sijunjung ini dapat melahirkan banyak Dasrizal-Dasrizal baru,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur menekankan, pendidikan serta perlombaan baca-tulis Al Qur’an harus digairahkan mulai dari tingkat jorong, dusun, dan kelurahan di Sumbar. Bagaimana pun, pemerintah bersama segenap pemangku kepentingan dalam masyarakat harus berupaya sekuat tenaga mendekatkan generasi muda kepada Al Qur’an.

“Bung Hatta pernah berpesan, seterang apa pun obor Monas di Jakarta, itu tidak akan sanggup menerangi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menerangi setiap jorong, desa, dusun, dan kelurahan dengan lilin-lilin kecil, sehingga seluruh Nusantara ini akan menjadi terang benderang. Menggairahkan pendidikan Al Qur’an adalah bagian dari upaya kita di Sumbar untuk menerangi Nusantara itu,” ujar Gubernur lagi.

Baca Juga :  Terbitkan Edaran, Gubernur Mahyeldi Imbau Masyarakat Gunakan Hak Suara pada PSU DPD RI

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyebutkan, tantangan dalam pembinaan generasi muda saat ini semakin kompleks. Oleh karena itu, ia berharap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Sijunjung juga menjadi momentum untuk lebih mendekatkan generasi muda kepada Al Qur’an.

“Mari kita terus ramaikan masjid dan musala kita melalui berbagai kegiatan, termasuk pendalaman pendidikan Al Qur’an, sehingga dari sana akan lahir calon qori/qoriah terbaik. Mereka juga akan menjadi generasi yang siap ilmu dan siap iman,” ujarnya.

Baca Juga :  Silaturahmi Lebaran, Gubernur, Wagub, dan Sekda Sumbar Kunjungi Para Pejabat unsur Forkopimda

Sementara itu dalam laporannya, Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung yang juga Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatilah menerangkan, pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 di Kabupaten Sijunjung diikuti 8 kafilah dari 8 kecamatan yang ada di Sijunjung. Di mana, terdapat 9 cabang yang terdiri dari 21 golongan yang diperlombakan, dan diikuti oleh 352 orang qori dan qoriah.

“Kita tentu bertekad, pelaksanaan MTQ Sijunjung akan melahirkan sosok qori dan qoriah terbaik, yang nantinya akan mewakili Sumbar pada ajang MTQ tingkat nasional,” ucap Iraddatilah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid Penaiszawa Kemenag Sumbar, Yufrizal; Pimpinan dan Anggota DPRD Sijunjung, Forkopimda Sijunjung, Kakan Kemenag Sijunjung, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Al Amin; Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma Syafni; serta unsur pimpinan dari MUI, Baznas, LKAAM, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari, dan Tokoh Masyarakat lainnya. (adv/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Perumda Air Minum Kota Padang Serahkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam

Eksekutif

Masuk Lima Besar Nasional Ketahanan Pangan Sumbar, Sejumlah Tokoh dan Kepala Daerah Dapat Penghargaan dari Pemprov Sumbar

Eksekutif

Sumbar untuk Pertama Kalinya Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HUT Satpol PP dan Satlinmas Nasional, Gubernur Mahyeldi : Kita Persiapkan dengan Maksimal

Eksekutif

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pemenuhan Hak bagi Difabel

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Bantuan , Mensin Tempel , Bibit ikan , Serta BPJS Di kabpaten Pesisir Selatan dan Kota Painan

Eksekutif

Pj Bupati Banyuasin HSR Digoyang, Dukungan Mulai Terus Bermunculan

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tinjau Langsung Beberapa Titik Ruas Jalan Nasional yang Terdampak Banjir Bandang di Sumbar

Eksekutif

Hadiri Dies Natalis ke-69 UNP, Gubernur Mahyeldi Sebut Universitas dan Pemda sebagai Garda Terdepan dalam Melahirkan Inovasi dan Merespons Perkembangan Zaman