Home / Eksekutif

Selasa, 27 Februari 2024 - 14:07 WIB

Buka Forum Perangkat Daerah Inspektorat Sumbar, Gubernur Sumbar Ingatkan Perencanaan dan Pengawasan untuk Antisipasi Penyimpangan

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, kembali menekankan pentingnya perencanaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga dapat menutup potensi terjadinya penyimpangan. Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka Forum Perangkat Daerah Inspektorat Daerah Provinsi se-Sumatera Barat di Auditorium Istana Gubernur Sumbar, Selasa (27/02/2024).

“Dalam agama, kita dituntun untuk merencanakan segala sesuatunya dengan sebaik-baik mungkin. Jika tidak ada perencanaan, maka kualitas hasil yang kita dapat akan biasa-biasa saja. Setelah perencanaan, kita perlu membuat agenda-agenda, dan kemudian perlu pengawasan atas pelaksanaan agenda itu,” ujar Gubernur mengawali sambutannya.

Gubernur Sumbar saat membuka forum perangkat daerah inspektorat Sumbar

Gubernur Sumbar saat membuka forum perangkat daerah Inspektorat Sumbar

Terlaksananya Forum Perangkat Daerah Inspektorat se-Sumbar, sambung Gubernur, merupakan bagian dari perencanaan agar pelaksanaan pemerintahan di Sumbar berjalan pada garis-garis aturan yang tepat. Setelah perencanaan dilakukan, maka sejumlah lembaga akan melakukan pengawasan, seperti BPKP, BPK, Inspektorat, KPK, hingga Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi dan 15 Bupati/Wako se-Sumbar Terima Piagam Pemda Peduli HAM dari Kemenkumham

“Jika pelaksanaan pemerintah tidak diawasi, maka cenderung akan terjadi penyimpangan. Oleh karenanya, pengawasan penting untuk menyelamatkan pelaksana pemerintahan, dari potensi melakukan penyimpangan. Sebab, tugas pemerintah itu menyelesaikan masalah, maka jangan sampai malah membuat masalah,” ucap Gubernur lagi.

Gubernur juga mengingatkan, bahwa pada prinsipnya perencanaan harus dibangun dari bawah ke atas, serta melibatkan semua pihak sejak awal. Sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan bersama, dan sekaligus mendorong pelaksanaannya sebagai komitmen bersama seluruh pihak.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Sebut Kerja Sama dengan Badan Usaha Perlu untuk Memacu Pembangunan Infrastruktur Sumbar

Sementara itu dalam laporannya, Inspektur Daerah Provinsi Sumbar, Delliyarti menyampaikan, forum perangkat daerah tersebut mengusung tema ‘Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergi dalam Pengawasan Internal Tahun 2024’ yang salah satunya bertujuan untuk menyelaraskan program perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Dalam Forum Perangkat Daerah ini, kita menghadirkan narasumber Inspektur Daerah Sumbar; Kepala Bappeda Sumbar, Bapak Medi Iswandi; Kepala Perwakilan BPKP Sumbar, Ibuk Dessy Adin; serta Bapak Gubernur sebagai Pembicara Kunci. Ada pun peserta forum terdiri dari Kepala OPD di Lingkup Pemprov Sumbar, Inspektur Daerah Kabupaten/Kota se-Sumbar, dan Pejabat Fungsional Inspektorat Sumbar,” ucap Delliyarti. (Adv/h)

Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Luncurkan Program Nagari Generasi Emas demi Wujudkan Indonesia Sehat dan Cerdas

Eksekutif

Pemdes Taja Mulya dan Taja Raya 1 Giat Gotong Royong Bersama Menuju Batasan Desa

Eksekutif

Komunitas Gerak Cegah Stunting

Eksekutif

1000 Anak Panti Asuhan dan 300 Pengurus LKSA PSAA dari seluruh Indonesia Akan Ikuti Jambore dan Rakernas ke-1 LKSA PSAA Tahun 2023 di Sumbar

Eksekutif

Status Marapi Siaga, Gubernur Mahyeldi Instruksikan BPBD Intensifkan Koordinasi

Eksekutif

Pemprov Sumbar Manfaatkan Even Nasional sebagai Ajang Promosi UMKM Lokal

Eksekutif

Canvassing dan Program Tebus Murah GPGP

Eksekutif

BRI Wilayah Padang Bantu KONI Sumbar
Hubungi Redaksi Disini