Home / Legislator

Sabtu, 18 September 2021 - 00:12 WIB

Berduka Atas Gugurnya Nakes di Papua, Puan Kecam Keras Aksi Teror KKB

Ali Akbar - Penulis

PoliticNews.ID – Padang Pariaman : Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan belasungkawa atas gugurnya tenaga kesehatan (nakes), Gabriela Meilan, akibat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pengunungan Bintang, Papua.

Suster Gabriela yang masih berusaha 22 tahun ditemukan meninggal dunia di sebuah jurang bersama rekan sesama nakes, Kristina Sampe Tonapa yang berhasil selamat. Keduanya sempat dinyatakan hilang usai penyerangan KKB pada 13 September 2021 lalu.

“Dukacita mendalam saya atas gugurnya tenaga kesehatan kita, saudari Gabriela Meilan akibat aksi kejam yang dilakukan kelompok teroris di Papua,” kata Puan di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Sementara itu, perawat Kristina Sampe Tonapa ditemukan oleh aparat TNI/Polri dengan kondisi luka tusuk dan memar di sekujur tubuhnya. Puan pun mengutuk keras aksi kejam yang dilakukan KKB hingga menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan.

“Di saat para nakes ini membaktikan masa mudanya untuk mengabdi kepada masyarakat, mengabdi kepada kemanusiaan, mereka malah terluka dan kehilangan nyawa akibat tindakan tidak manusiawi KKB,” ucap mantan Menko PMK itu.

Baca Juga :  Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023, Bamsoet Dorong MPR Menjadi Lembaga Tertinggi Negara

Puan memberikan penghormatan yang tinggi untuk para nakes yang menjadi korban aksi teror KKB di Papua, khususnya Gabriela. Dia meminta pemerintah setempat memberikan penghargaan atas jasa-jasa Gabriela.

“Saudari Gabriela membaktikan diri untuk kepentingan kemanusiaan, hingga di penghujung usianya. Negara harus memberikan tempat terbaik bagi nakes yang telah berjuang di garda terdepan sebagai pelayanan kesehatan masyarakat dan berkorban nyawa demi mengemban amanat profesinya,” tegas Puan.

Penyerangan di Distrik Kiwirok dilaporkan dilakukan oleh KKB dengan cara menyerang dan membakar sarana-prasarana serta fasilitas umum seperti Puskesmas, sekolah, pasar, kantor Bank Papua hingga perumahan guru dan tenaga medis. Saat kejadian, para tenaga kesehatan berpencar untuk menyelamatkan diri.

Sebanyak 8 orang nakes dilaporkan berhasil selamat dengan lari ke pos TNI Kiwirok, meski beberapa di antaranya mengalami luka-luka akibat kekerasan yang dilakukan KKB. Namun tidak semua nakes bisa menyelamatkan diri, karena ada beberapa yang dinyatakan hilang. Sebelum penemun korban hari ini, aparat gabungan juga berhasil menemukan 2 tenaga medis korban kekerasan KKB pada Rabu (15/9) kemarin.

Baca Juga :  Kagum Pembangunan Papua Pada Pembukaan PON, KKB Serahkan 6 Senpi ke TNI

Saat ini TNI/Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap teroris KKB yang melarikan diri usai melakukan aksi pembakaran di Kiwirok. Puan meminta aparat terus mengejar para pelaku kekejaman ini.

“TNI/Polri kami harapkan menindak tegas para pelaku” ungkap Cucu Bung Karno tersebut.

Puan juga meminta pemerintah serius dalam menanggulangi aksi-aksi terorisme di Papua yang sudah sangat meresahkan dan banyak memakan korban jiwa. Terlebih provinsi tersebut sebentar lagi akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

“Aparat negara harus segera memberantas KKB ini demi melindungi segenap rakyat Indonesia,” tutup Puan.

Rilis Media : Ketua DPR RI Dr.(H.C) Puan Maharani (16/09/2021)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 72 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Semifinal Bola Voly Putra dan Putri di Paroki Kiupukan Berlangsung Meriah

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Harap Hari Raya Idul Fitri Perkuat Ikatan Kebangsaan Antar Anak Bangsa

Legislator

SK PWNU Sudah Habis, Ketua PCNU Landak: Jangan Adakan Program Selain Konferwil

Legislator

Beri Kuliah Umum, Bamsoet Dorong Mahasiswa Kembangkan Jiwa Entrepreneurship

Legislator

12 Kades Dilantik, Suarno SE Dorong Peningkatan SDM Pemerintah Desa

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet: Rapim Pimpinan MPR RI Bahas Sidang Paripurna MPR RI, Gempa Cianjur hingga Forum MPR Dunia

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Produksi Pesawat N-219 Nurtanio

Legislator

Hadiri Open House Presiden Jokowi di Istana Negara, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Jadikan Momen Idul Fitri Perekat Silaturahmi Kebangsaan