Home / Pemilihan

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:42 WIB

Bawaslu Kota Padang Ungkap Strategi Pengawasan Pencoklitan

Wawan - Penulis

PADANG, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang melakukan pengawasan tahapan pencoklitan untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Hasil pengawasan yang sudah Bawaslu Kota Padang yang dilakukan tanggal 24 sampai 26 Juni 2024 sebanyak 2.922 kepala keluarga se-Kota Padang sudah tercoklit.

Komisioner Bawaslu Kota Padang Firdaus Yusri mengungkapkan, Bawaslu Kota Padang telah melakukan beberapa perencanaan dan langkah-langkah agar pemilihan tahun 2024 berjalan dengan demokrasi, aman dan jujur. Bawaslu Kota Padang melakukan identifikasi kerawanan sehingga dapat merancang strategi antisipasi kerawanan, masalah, hambatan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

Baca Juga :  Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

” Kerawanan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilu yakni, penyelenggara pemilu tidak profesional dalam menjalankan tugas, kewajiban dan wewenangnya, terjadinya perjokian,” ujar Firdaus saat konfrensi pers, Kamis (27/6/2024) di kantor Bawaslu Kota Padang.

Ditambahkan Firdaus, Bawaslu telah memetakan potensi kerawanan dan dijadikan sebagai langkah langkah untuk melakukan pencegahan dan pengawasan di pemilu tahun 2024 agar pemilihan berjalan lancar dan tanpa gangguan. Strategi Bawaslu dengan melakukan patroli, koordinasi dan konsolidasi dengan pemangku kepentingan, sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Akan Segera Luncurkan Dua Buku ke-33 dan 34 Karya Terbaru dan Dua Buku Bahan Ajar Ilmu Hukum

“Kolaborasi dengan pemantau pemilu dan pengawas partisipatif. Melakukan pengawasan langsung untuk memastikan penyelenggara KPU Kota Padang beserta jajarannya menjalankan tugas, kewajiban dan wewenang yang diamanahkan sesuai dengan undang-undang,” ujarnya.

Bawaslu Kota Padang pun telah mendirikan posko pengaduan masyarakat di setiap level yang bisa diakses. Masyarakat bisa mengadukan berbagai persoalan Pencoklitan ke posko kawal hak pilih di Kantor Bawaslu atau ke Panwascam dan PKD di masing masing kecamatan. (H)

 

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Pemilihan

KMD Banyuasin merencanakan Aksi Besar-Besaran terkait Pilkades Di Kabupaten Banyuasin.

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tekankan Pentingnya Kapasitas SDM dalam Tata Kelola Administrasi Keuangan Dana Desa

Pemilihan

Rapat Teknis Gakumdu Bawaslu Padang

Opini

DILEMA PROYEK STRATEGIS NASIONAL DI AIR BANGIS

Pemilihan

33 Anggota Panwascam se-Kota Padang Dilantik

Parpol

Harneli , Mulyadi Muslim dan Sejumlah Tokoh PKS Mengawali Masa Kampanye Dengan Menanam 15000 Pohon

Komunitas

Tasnidar dan Yurneidi di Dukung Penuh PWRI Kecamatan Padang Timur

Komunitas

Kunjungi Jember, Cawapres Mahfud MD Dialog Interaktif Bersama Santri dan Alumni PP Nurul Qarnain