Home / Komunitas

Minggu, 9 Juli 2023 - 15:21 WIB

Azhar Azwar Terpilih Jadi Ketua DPW Ikatan Keluarga Minangkabau Maluku Utara

Syafridhani Smaradhana - Penulis

PoliticNews.ID – Ternate: Setelah tertunda selama setahun, warga Minang Maluku Utara kembali memiliki Ketua Paguyubannya untuk lima tahun kedepan.

Ir. Azhar Azwar terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau Maluku Utara, menggantikan Muhammad Sukri, yang sudah berakhir masa kepemimpinannya di tahun 2022 lalu.

Azhar Azwar terpilih dalam pemilihan Ketua DPW dalam Musyawarah Wilayah DPW IKM Provinsi Maluku Utara yang digelar di Hotel Muara Ternate, Rabu (05/07/2023)

Penyerahan Dokumen Muswil dari Ketua Panitia, Zudawir Amza kepada Ketua DPW IKM Maluku Utara Terpilih, Ir. Azhar Azwar.

Menang suara mutlak, Azhar Azwar mendapatkan 50 persen suara, mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Edison Sarkawi dan Rafel Sofyan.

Dalam penyampaian visi misinya, Azhar Azwar bertekad untuk membangun persatuan dan kesatuan warga masyarakat Minang yang tersebar di Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga :  Peninjauan lapangan dan Inventarisasi Ruas jalan ruas Abai Sangir - Sungai Dareh

Azhar Azwar menyatakan, setelah kepengurusan 2023 – 2028 terbentuk, dirinya akan melanjutkan program-program yang sudah ada, dan mengembangkan program yang bermanfaat bagi warga Minang.

Selain itu, kata Azwar, dibawah kepemimpinannya, Pengurus DPW IKM Maluku Utara yang baru juga akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemuda dalam bidang olahraga, seni dan budaya.

Berkoodinasi dengan pengurus-pengurus DPD IKM Kabupaten Kota se-Maluku Utara, dirinya berjanji akan mengupayakan berdirinya sebuah yayasan khusus untuk warga perantau Minang.

Azhar Azwar: “Masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang sangat kaya dengan nilai-nilai agama “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”, budaya, tradisi, adat istiadat, mempunyai kewirausahaan yang tinggi, berpandangan maju dan modern, serta cenderung hidup merantau dan dapat hidup menyatu dimanapun mereka tinggal dan berada, sesuai dengan semboyan “Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik Dijunjuang.

Menyadari keadaan tersebut, lanjut Azwar, maka masyarakat atau perantau-perantau Minangkabau yang ada di seluruh nusantara, luar negeri, termasuk di Maluku Utara ini dan organisasi-organisasi Minangkabau yang ada saat ini, diharapkan “back to nature” (kembali ke akar budaya) atau dengan kata lain “mambangkik batang tarandam.” (membangkitkan batang terendam, Red).

Baca Juga :  Institut Sarinah: Ketua DPR harus menghapus pingitan para PRT.

Menutup perbincangan dengan PoliticNews.ID, Azhar Azwar berharap Warga Minang dapat menjadi tauladan yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta tidak lupa melestarikan adat dan budaya warisan leluhur serta sumber daya alam.

Berita ini 81 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Kades Pajang Baliho Mantan Bupati Lahat, Pegiat Demokrasi : Laporkan ke Bawaslu.

Komunitas

Fauzana , Milenial yang Ikut Berqurban

Komunitas

Prosesi Jalan Salib di Gua St. Maria Bitauni- Kefamenanu Dibanjiri Lautan Manusia

Komunitas

Institut Sarinah: Ketua DPR harus menghapus pingitan para PRT.

Komunitas

Jalin Persaudaraan, Ikatan Mahasiswa Alo’e Kefamenanu Selenggarakan Turnamen Futsal Tingkat SD

Komunitas

GERAK BS Indonesia dan GAKESLAB DKI Jakarta Pasok Air Bersih untuk Korban Semeru

Komunitas

GERAKAN KEADILAN RAKYAT DUKUNG SEPENUHNYA RANGKAIAN AKSI MAHASISWA BERSAMA RAKYAT CINTA DEMOKRASI

Komunitas

Masyarakat Islam Tatar Krimea Ukraina Tersingkir