Home / Legislator

Kamis, 15 September 2022 - 17:00 WIB

Anggota MPR: BBM Naik, Petani dan Rakyat Kecil Menjerit

Julius Permana - Penulis

Habib Aboebakar Alhabsyi

Habib Aboebakar Alhabsyi

POLITICNEW.ID. Kebijakan atas harga BBM yang naik turun adalah bukti bahwa pemerintah telah menyerahkan sepenuhnya kebijakan BBM kepada mekanisme pasar. Hal ini jelas bertentangan dengan semangat pasal 33 UUD 1945.

Demikian disampaikan oleh Anggota MPR, Habib Aboebakar Alhabsyi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis, 15 September 2022.

Pria yang kerap disapa Habib ini, menegaskan, kebijakan kenaikan harga BBM akan menambah kesengsaraan rakyat, baik bagi produsen maupun konsumen.

“Kebijakan ini juga tidak lebih sebagai jalan pemerintah untuk mendapatkan tambahan fiskal dengan jalan pintas,” kata Habib.

Baca Juga :  Tangkal Omicron, Gus Muhaimin Desak Pemerintah Tutup Akses WNA

Pemerintah, sambung dia,  sepertinya ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan BBM dengan mengorbankan rakyat kecil. Betapa tidak, kenaikan harga BBM telah memberi dampak pada naiknya biaya distribusi dan harga kebutuhan pokok yang semakin memberatkan rakyat kecil.

Seperti petani, pedagang pasar, supir angkot, supir taksi, tukang ojek dan ibu rumah tangga. Kenaikan harga BBM dapat mendongkrak harga bahan pokok hingga 40 persen,” tegasnya.

Politisi Fraksi PKS DPR RI juga menegaskan, dari beberapa kebijakan yang ada, kenaikan harga BBM akan meningkatkan inflasi antara 0,5% sampai 2%.

Baca Juga :  Isu Cawapres, Jerumuskan dan Hina Jokowi!

Setidaknya, dalam 3 (tiga) bulan ke depan akan terjadi peningkatan biaya produksi yang disusul oleh kenaikan harga-harga  di pasar.

Ditengah ekonomi yang makin sulit, bukannya memberikan keringanan buat rakyat untuk mengurangi beban hidup malah menambah kesengsaraan rakyat,” tambahnya.

“Ini bertentangan  dengan bunyi pasal 33 UUD Tahun 1945 ayat ke-3 yang berbunyi : Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 40 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Catatan Ketua MPR RI: Merespons Pesan Anak Desa Tentang Pembangunan SDM

Legislator

Pelantikan Pengurus MPW Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tegakkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Legislator

Buka Muswil Pemuda Pancasila NTB, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Terapkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Legislator

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Terus Kukuhkan Ideologi Pancasila

Legislator

Terima Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Bamsoet Dorong Pemerintah Naikkan Kapitasi Dokter Gigi

Eksekutif

BRI Astana Menggelar Open House Idul Fitri di Wisma Indonesia

Legislator

Pergerakan Dukungan Untuk Harneli Mahyeldi Dari simpatisan Sudah Mulai Tampak

Legislator

Gubernur Mahyeldi Minta Sertifikat untuk TORA di Sumbar Segera Terbit agar Pemanfaatan untuk Masyarakat Bisa Optimal