Home / Eksekutif

Rabu, 22 Mei 2024 - 05:13 WIB

Ulang Tahun Emas ke 50 Politeknik ATI Padang, Digelar Seminar Sawit

Wawan - Penulis

PADANG, Politicnews.id – Pekan sawit 2024 digelar dalam rangka ulang tahun emas ke 50 Politekhnik ATI Padang. Dalam kegiatan ini disemarakkan dengan acara, temu industri, bazzar, job fair, open house, science vompetition, fun walk dan seminar yang bertajuk sawit generasi emas, membangun masa depan berkelanjutan, Selasa (21/5/2024).

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita hadir secara daring membuka kegiatan seminar tentang kelapa sawit.

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian RI Masrokhan menjelaskan, dalam rangkaian Industrial Vocational Fair, Pekan Sawit 2024, dan Ulang Tahun Emas Politeknik ATI Padang, telah berkumpul lebih kurang 750 orang peserta untuk mengikuti kegiatan Seminar Sawit, yang mengusung tema “Sawit Generasi Emas: Membangun Masa Depan Berkelanjutan”.

“Tema ini sangat menarik dan aktual, tidak hanya karena Indonesia merupakan penghasil Minyak sawit mentah terbesar di dunia, juga karena industri pengolahan kelapa sawit menjadi salah satu sektor yang sangat signifikan perannya dalam mengejar target pengurangan NZE di Tahun 2050,” ujarnya.

Baca Juga :  Hadiri Latihan Gabungan TNI 2023 Bersama Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Kemampuan dan Kesigapan Anggota TNI

Kegiatan ini merupakan kerjasama BPSDMI dengan BPDKS yang telah memberikan beasiswa kepada 2 (dua) politeknik Kemenperin yaitu Politeknik ATI Padang dan PTKI Medan dengan total sebanyak 240 orang pada tahun 2023.

“Dan tahun ini tambahan 1 Politeknik, yaitu Politeknik ATI Makasar yang memperoleh beasiswa untuk 1 prodi sebanyak 30 mahasiswa,” katanya.

Melalui seminar ini, peserta memiliki kesempatan untuk mendengarkan dari para ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya, yang akan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan solusi inovatif, untuk menghadapi berbagai tantangan pengembangan industri kelapa sawit, mulai dari isu teknologi, SDM, lingkungan, sosial dan aspek-aspek penting lainnya.

Baca Juga :  Halal Bihalal IKA FPUA, Gubernur Mahyeldi Minta Alumni Pertanian Unand Terus Tingkatkan Kontribusi

Sementara itu, Arfi Tahar Kepala Divisi Program Pelayanan BPDKS menjelaskan, BPDKS merupakan salah satu program pemerintah dalam pendanaan kegiatan yang ada di kelapa sawit.

“Ada 6 program yang ditugaskan mendanai program beasiswa bekerja sama dengan 23 perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya dengan ATI Padang dan beberapa kampus lainnya do seluruh provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Arfin menyebut, BPDKS juga mendanai penelitian dari seluruh kampus di Indonesia yang mengusulkan penelitian untuk peningkatan produktivitas penciptaan produk baru keberlanjutan dari kelapa sawit.

“Pendanaan dilakukan setiap tahun  dalam program green riset sawit  yang diusulkan berdasarkan proses seleksi yang berdasarkan Litbang yang ada di  BPDKS,” ujarnya (h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 25 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Buka Turnamen Mini Socer, Gubernur Mahyeldi Ajak Perangi Narkoba dengan Memasifkan Penyelenggaraan Kegiatan Olahraga di Tengah Masyarakat

Eksekutif

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Buka Pelatihan Kewirausahawan Bagi Pemuda Angkatan IV

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Sebut Sumbangsih Dr. M. Djamil Sangat Layak Diganjar Gelar Pahlawan Nasional

Eksekutif

Safari Ramadhan Spesial di Kota Solok, Gubernur Mahyeldi dan Wagub Audy Dijamu Berbuka Puasa oleh Wako dan Wawako

Eksekutif

Wagub Sumbar Ingatkan Pentingnya Kebersihan Lingkungan Bagi Daerah Tujuan Wisata

Eksekutif

Wujud Persaudaraan, Gubernur Mahyeldi Terima Bantuan Penanganan Bencana Rp900 Juta dari Gubernur Kepri

Eksekutif

Gubernur Lepas Pendistribusian Beras SPHP dan GPM untuk Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Sumbar

Eksekutif

Pesan Penipuan Atas Nama Gubernur Mahyeldi Kembali Marak, Pemprov Koordinasi dengan Polisi untuk Memburu Pelaku