Home / Eksekutif / Rilis / Tokoh

Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:54 WIB

Peringati Bulan Inklusi Keuangan 2023, Gubernur Mahyeldi Minta TPAKD Makin Memudahkan Akses Keuangan bagi Seluruh Masyarakat

Wawan - Penulis

PADANG, Politicnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah meminta Tim Percepatan Akses Keuangan (TPAKD) Provinsi Sumbar dan TPAKD Kabupaten/Kota melakukan berbagai upaya dan inovasi, demi meningkatkan akses produk dan layanan jasa keuangan di berbagai lapisan masyarakat.

“Semua pihak harus bersinergi mendorong keterbukaan dan kemudahan akses keuangan melalui literasi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat,” kata Gubernur Mahyeldi saat menghadiri agenda Puncak Acara Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Sumbar yang digelar oleh OJK Sumbar di Halaman Kantor Gubernur, Minggu, (29/10/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan, akses keuangan harus tersedia secara cepat dan tepat menyasar masyarakat yang membutuhkan, dalam rangka mendorong optimalisasi potensi ekonomi pada berbagai sektor. Mulai dari pengembangan usaha pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM , serta usaha potensial daerah lainnya.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Nikahkan Putrinya Debby Pramestya Putri dengan Iptu Nurul Farouq Fadillah

Melalui kegiatan BIK bertema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera” tersebut, Gubernur berharap terjadi peningkatan dalam pelaksanaan program kerja TPAKD Tahun 2023, dalam bentuk program pemberdayaan UMKM, peningkatan akses keuangan syariah, serta pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat nagari.

Selanjutnya, juga diharapkan terjadinya peningkatan dalam fasilitasi penyaluran kredit/pembiayaan bagi pelaku UMKM, terpublikasinya program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen, dan meningkatnya aliansi strategis dengan stakeholder terkait dalam usaha perbaikan literasi dan inklusi keuangan.

“Penguatan akses keuangan di masyarakat perlu diiringi dengan perluasan edukasi keuangan, sehingga peningkatan penggunaan produk dan jasa keuangan sejalan dengan pemahaman dan literasi masyarakat,” tuturnya lagi.

Baca Juga :  Wujudkan Kepedulian untuk Masyarakat Kurang Mampu dan Terisolir, Pemprov Sumbar Tebar Program Qurban

Selanjutnya, Mahyeldi menyebutkan bahwa program inklusif keuangan perlu terus diperkuat, seperti Kredit Peduli Usaha Mikro Solusi Mengatasi Masalah Keuangan (Simamak) untuk pelaku usaha mikro, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR), dan program laku pandai.

“Inklusif keuangan itu diperkuat untuk memperbanyak layanan dan produk lembaga jasa keuangan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan,” tutupnya.

Pada acara tersebut, Gubernur turut menyerahkan piagam penghargaan kepada TPAKD Kabupaten Tanah Datar sebagai Terbaik I, dan TPAKD Kabupaten Solok sebagai Terbaik III dalam Pelaksanaan Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2023. Serta, piagam penghargaan kepada PT. BPR Ganto Nagari sebagai Terbaik I dalam Pelaksana Program Nagari Cadiak Keuangan Tahun 2023. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 32 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Tanam Bibit Cemara di Pantai Purus Padang, Ini ALasan Sumbar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HKBN 2024

Rilis

Presiden Joko Widodo Tiba Di Istana Al-Shatie

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Minta Angkatan Kerja Sumbar Memaksimalkan berbagai Peluang di Dunia Kerja

Eksekutif

Rakerda KONI Sumbar Digelar, Kadispora: Pemprov Akan Mendukung Penuh

Rilis

Perdana di Sedulang Setudung, Deklarasi Pemilu Damai Tingkat Kecamatan Betung

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tinjau Kesiapan Peresmian Nama Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat

Rilis

Ketua Tim Keluarga: Dukung Penuh Pakde Slamet Jadi Bupati Banyuasin

Rilis

Peringati Hari Keluarga Nasional : Ummi Jeni Nuryanti gelar Lomba Foto dan Cerita Keluarga Bersama PKS